Beasiswa Tanoto Foundation 2012

Jika kamu mendaftar ke tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) ini, kamu bisa meraih beasiswa dari Tanoto Foundation! Tanoto Foundation kembali membuka program beasiswa National Champion Scholarship. Masih sama seperti sebelumnya, pada Tahun Penerimaan 2012/2013 ini mahasiswa S-1 dan S-2 di tujuh PTN mitra Tanoto Foundation berkesempatan meraih beasiswa jenjang sarjana dan pascasarjana.

Pada jenjang sarjana (S-1), mitra program ini meliputi Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi (Unja), Universitas Riau (Unri), dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Sementara, hanya empat PTN yang menjadi mitra Tanoto pada program beasiswa untuk S-2 yakni IPB, ITB, UGM, dan UI.

Direktur Program Beasiswa dan Special Innitiative Tanoto Foundation Ratih Loekito menyatakan,  ‘National Champion Scholarship’ yang dimulai sejak 2006 lalu merupakan bentuk tanggung jawab Tanoto Foundation memajukan pendidikan Indonesia.

Saat ini, angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Tanah Air baru 18,4 persen. Pemerintah menargetkan, APK mahasiswa Indonesia mencapai 30 persen pada 2014.

“Tanggung jawab untuk memajukan pendidikan Indonesia tidak hanya terpaku pada pemerintah, tetapi juga perlu bantuan dari pihak-pihak swasta untuk bersama-sama memikul tanggung jawab tersebut demi kemajuan bangsa Indonesia,” ungkap Ratih seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada okezone, Selasa (13/12/2011).

Syarat umum pelamar beasiswa Tanoto Foundation untuk jenjang S-1, harus berusia maksimal 21 tahun dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4,00).

Baru lulus SMA atau baru duduk di tahun pertama kuliah? Enggak usah khawatir, kamu juga bisa kok mendaftar. Syaratnya, minimal nilai rata-rata rapor kelas XII-mu adalah 8,00 (skala 10).

Usia maksimal pelamar beasiswa jenjang S-2 adalah 40 tahun. Pelamar juga disyaratkan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun setelah menyelesaikan program S-1.

Nilai minimal IPK yang harus dimiliki pelamar yaitu 3,25 (skala 4,00). Pelamar yang baru duduk di tahun pertama jenjang pendidikan S-2 juga boleh mendaftar dengan nilai IPK S-1 minimal 3,25 (skala 4,00).

Ratih menjelaskan, beasiswa Tanoto Foundation meliputi biaya kuliah setiap semester dan tambahan biaya hidup.

“Untuk mahasiswa S-1, kami memberikan biaya kuliah hingga Rp3 juta dan tunjangan bulanan Rp500 ribu. Sedangkan penerima beasiswa S-2 akan mendapatkan biaya kuliah hingga Rp15 juta dan tunjangan bulanan Rp1,2 juta,” imbuhnya.

Semua pelamar harus mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran secara online di situs http://www.simbatanoto.org. Pendaftaran dibuka hingga 31 Januari mendatang.

Informasi lengkap tentang program beasiswa ini bisa disimak di laman http://www.tanotofoundation.org, atau kirimkan email ke alamat info@tanotofoundation.org. (kampusokezone)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s