Cara Daftar SNMPTN Jalur Undangan

Bagi adik-adik Peserta Binaan Forum Batasa yang belum memahami secara detail cara daftar SNMPTN Jalur Undangan. Berikut ini kami informasikan tatacara pendaftarannya, Yuk disimak ya :). Per 1 Februari 2012, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan telah dibuka. Namun, sudahkah kamu mengetahui mekanisme cara pendaftarannya?

Pertama-tama, yang perlu kamu ketahui, sekalipun namanya jalur undangan, bukan berarti undangan untuk tes dikirim ke rumah atau sekolahmu. Jalur ini khusus diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK/MA/MAK tingkat akhir yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 2012, serta berprestasi akademik tinggi.

Selanjutnya, langkah pertama dalam mendaftar SNMPTN jalur undangan adalah kepala sekolah harus merekomendasikan siswa ke portal SNMPTN Jalur Undangan melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id. Demikian dinukil dari situs Unnes, Rabu (1/2/2012).

Kedua, kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran melalui kepala sekolah. Kemudian, kamu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp175 ribu melalui Bank Mandiri dengan menggunakan nomor pendaftaran yang telah diberikan oleh kepala sekolahmu. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui Kantor Pos jika di tempat tinggalmu tidak tersedia cabang atau ATM Bank Mandiri. Namun, jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima Beasiswa Bidikmisi, maka kamu terbebas dari biaya tersebut.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran ke laman http://undangan.snmptn.ac.id untuk mengisi formulir data diri yang diperlukan, termasuk dua jurusan yang akan kamu pilih. Terakhir, cetak kartu peserta SNMPTN milikmu.

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran ataupun pembayaran, kamu dapat menghubungi call center SNMPTN di 0804 1450 450 atau melalui laman http://halo.snmptn.ac.id. Selain itu, kamu juga dapat memperoleh informasi melalui media jejaring sosial seperti twitter @2012snmptn atau facebook http://facebook.com/group.snmptn.

Ingat, batas akhir pendaftaran SNMPTN jalur undangan 8 Maret 2012. Sementara peserta yang lolos seleksi jalur undangan akan diumumkan pada 25 Mei mendatang. Selamat mencoba!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s