Tips Agar Tidak Mencontek Saat Ujian

Di masa2 sebelum ujian, biasanya kita takut kalau hasil ujian tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ini wajar temanku. Karena itulah namanya ujian, artinya menguji seberapa dalam kompetensi kita dalam menerima materi. Takut ketika ujian menjadi tidak wajar kalau hal2 yang menyebabkan kita takut adalah hal2 tak rasional, seperti takut mati dsb.

Salah satu wujud ketakutan kita saat ujian adalah kalau ternyata kita mencontek (naujubile). Mencontek itu punya banyak sisi negatif. Yang pertama itu akan mendidik kita untuk tidak jujur. Mungkin saja para koruptor dulu adalah orang2 yang suka mencontek. Bisa saja kan? Hehehe.. Selanjutnya sisi jelek atau negatif dari mencontek adalah membuat kita tidak menghargai dan mengapresiasi kemampuan kita sendiri. Kita cenderung bergantung pada orang lain, yang selanjutnya menjerumuskan kita ke jurang dengan kehampaan kemandirian. Kita jadi hilang kepercayaan diri, dan hal2 lain yang mengganggu kepribadian kita nantinya.

Bagaimana kalau kita tidak bisa mengerjakan ujian? Ya santai saja. Kalau memang tidak bisa seluruhnya, pasrah saja. Jangan jadikan itu alasan kita boleh mencontek. Hihihi.. Berikut sedikit tips2nya

0. Persiapan matang
Sudah pasti, karena kesuksesan itu sebenarnya gabungan dari persiapan dan kesempatan. Kalau persiapan kita udah matang, mengapa mesti takut? Walau kadang2 juga soal ujian tidak pernah kita duga, yang membuat kita keringat dingin bahkan untuk 10 menit pertama saja.

1. Kalem Brur…
Biar kalem gimana dong? Ya baca bismillah. Hehehe.. Karena hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Jangan sungkan2 nulis basmalah di kertas ujian, sapa tau jadi jimat bagus. Hihihihi.. Enggak ding. Yah pokoknya segala sesuatu yang dimulai dengan basmalah pasti dapet berkah deh.. Percaya kan? Ayo dong percaya.. :P

2. Jaga konsentrasi
Kadang2 kita tidak tahu harus menulis apa di kertas ujian bukan karena kita tidak tahu, tapi karena beberapa materi yang “nyempil” di otak kita dan belum terbuka segelnya saja. Jadi, tetap konsentrasi dan kalem, siapa tahu2 Allah Kasih kita kemudahan, dan… TING! Kita tiba2 dapet ilham untuk mengerjakan soal yang kita anggap sulit tadi. Insya Allah. Nah, jadi jangan menyerah. Dan satu lagi, jangan terpengaruh oleh teman2 kita yang keluar cepet. Hihihiii kan belum tentu juga jawaban mereka bener. Hehehe.. Pokoknya berdjoeang sampe akhir sajalah. :D

3. Ingat2 akibatnya kalau kamu ketahuan
Biasanya sih ditegur dan disuruh nulis berita acara. Isinya ga jauh2 dari “saya melakkan kesalah saat ujian” dan biasanya berakibat pada menurunnya (atau bahkan hilang/dianggap ga ada) nilai mata ujian yang bersangkutan untuk kita. Nah, kalau udah begitu ribet kan? Hehehe.. Makanya jangan nyontek yach? (http://ibnulinggasakti.wordpress.com)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s