Tahun Ajaran 2013, ITB Buka Enam Prodi Baru

 Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka tiga program studi (prodi) baru untuk jenjang strata satu pada tahun ajaran 2013 mendatang. Ketiga prodi tersebut antara lain Prodi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air dan prodiRekayasa Infrastruktur Lingkungan pada Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)serta Prodi Kewirausahaan pada Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM). Masing-masing prodi baru akan terdiri atas 144 sks.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Kadarsah Suryadi mengatakan dibukanya kedua prodi pada FTSL memenuhi kebutuhan nyata masyarakat akan ahli -ahli yang bergerak pada sumber daya air untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan air yang ada. Air menjadi masalah besar saat ini yang harus segera ditagani termaksuk juga infratsruktur lingkungannya yang harus ditata dengan benar sebagai tombak kesehatan bangsa Indonesia.

Menurutnya kesehatan bangsa Indonesia tidak hanya soal obat-obatan tapi juga infrastruktur lingkungan yang sehat. Bagaimana membuat infrastruktur khususnya dalam pengelolaan sumber daya air yang dapat menunjang kebutuhan air sehat bagi masyarakat. “Kebutuhan untuk mengatasi permasalahan air ini sangat tinggi tapi ahli-ahli yang ada masih sangat kurang,” kata Prof. Kadarsah di Kota Bandung, Jumat (14/12).

Dia juga mengatakan, selama ini di ITB permasalahan mengenai sumber daya air hanya dilakukan pada kelompok keahlian maupun pengabdian di masyarakat yang tidak berkelanjutan. Hanya menghasilkan riset dan tidak menghasilkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang tersebut. Sementara itu untuk prodi Kewirausahaan, Kadarsah menjelaskansebagai upaya untuk para lulusan ITB yang tidak hanya mengetahui teknik saja tapi juga dapat mengetahui duania bisnis. Pada akhirnya para lulusan ITB pun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan tidak sekedar menjadi pekerja untuk orang lain.
“ITB itu kan ruang lingkungnya sains, teknik dan art tapi seorang insiyur juga tidak hanya mengetahui soal teknik saja tapi juga harus tau soal bisnis,” kata Prof. Kadarsah.

Dengan penambahan tiga prodi baru ini maka pada 2013 akan terdapat 45 prodi S1. Sementara untuk program studi pascasarjana saat ini terdapat 49 prodi dan akan bertambaha menjadi 51 prodi dengan dibukannya tiga prodi baru. Ketiga prodi baru pada strata dua itu antara lain Magister Terapan Logistik, Magister Pengelolaan Infrastruktur Air dan Sanitasi serta Magister Farmasi Industri.

Prof. Kadarsah mengatakan pembukaan prodi magister ini bertujuan tidak hanya mengaplikasikan ilmu sebagai problem solving tapi juga untuk pengembangan dan penerapan ilmu.“Magister itu kan tataran ilmunya tidak hanya sekedar tahu pengembangan ilmu tapi juga bagaimana penerapannya. Itu yang kami arahkan,” katanya. (PR)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s