KIAT SUKSES BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI (1)

Definisi seorang mahasiswa menurut saya adalah merupakan perpindahan status dari anak-anak/remaja menjadi seorang manusia dewasa yang tentu saja, mau tidak mau, diikuti dengan tanggungjawab yang lebih. merupakan perpindahan status dari anak-anak/remaja menjadi seorang manusia dewasa yang tentu saja, mau tidak mau, diikuti dengan tanggungjawab yang lebih..Belajar di perguruan tinggi tidak sulit jika kita maw berusaha agar mendapat nilai tinggi, namun dalam proses belajar kita harus bersungguh-sungguh. Menjadi seorang mahasiswa justru merupakan awal dari sebuah perjuangan dengan beban dan  tantangan yang lebih berat. Jalan yang akan ditempuh masih panjang dimana ujungnya saja masih belum terlihat. Pengalaman memperlihatkan bahwa banyak mahasiswa yang mengalami kegagalan akademik karena tidak mampu memenuhi beban tersebut. Sedikit tips buat kawan untuk sukses belajar di perguruan tinggi.
Tips buat kawan-kawan untuk sukses giat belajar di perguruan tinggi,sebagai berikut :
Mengenal temen di kampus
Di tempat kuliah, akan ditemui teman-teman yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Proses pengenalan dan menempatkan diri anda dalam pergaulan dengan teman-teman baru merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Agar supaya sharing mengenai pelajaran di kampus.
Menghadiri Kuliah
Proses kuliah secara tatap muka merupakan proses transfer ilmu yang sangat efektif. Banyak ilmu yang dapat diperoleh ketika menghadiri kuliah. Jika kawan-kawan jarang hadir dalam perkuliahan akan membuat kita tertinggal informasi.
Menulis bahan kuliah
Sekedar menghadiri kuliah saja tidak cukup, akan lebih baik jika anda menulis materi yang disampaikan dosen, dengan begitu ilmu yang diberikan akan terus diingat dan dapat dibaca lagi begitu ada kesempatan.
Sering belajar dan membaca buku
Selain dari yang disampaikan dosen, kita harus menambah ilmu dari buku teks atau bahan ajar yang ada. Biasanya dosen menyampaikan poin-poin penting  dalam kuliah, mahasiswa lah yang harusnya memperluas materi.
Belajar dengan rutin
Bahan kuliah dalam satu semester biasanya cukup banyak, proses pemahaman dan penguasaannya perlu dicicil. Jangan mengandalkan sistem kebut semalam, yang mungkin bias dilakukan pada saat SMA dulu.
Belajar atau Diskusi kelompok
Belajar kelompok, mendiskusikan materi ajar yang kurang dipahami akan sangat membantu dalam proses belajar, dan mempermudah kita saat ujian.
Memahami sifat dosen
Dosen mempunyai karakter dan sifat yang berbeda, yang mungkin dilatarnbelakangi asal daerah, pendidikan atau sifat pribadi dosen tersebut. Mencoba memahami dosen, mengerti apa yang mereka inginkan dan bersabar akan membuat kita dapat belajar dengan baik.
Berdoa
Setelah melakukan usaha dengan kerja keras dan maksimal, berdoa dan bertawakallah karena pada akhirnya semua yang menentukan adalah Allah SWT pemilik dari semua ini.
Demikian tips buat kawan-kawan mahasiswa baru yang akan menjalani prosos perkuliah di perguruan tinggi swasta maupun negri, semoga dengan adanya tips ini bisa membantu kawan-kawan belajar dengan giat.(sulistio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s