Tips Sebelum dan Saat Ujian Nasional

Untuk sahabat2 kami, peserta binaan Forum Batasa, kami ucapkan selamat menempuh Ujian Nasional (UN) 18-21 April 2011 . Terapkan saran2-tips dari kami yang telah diberikan sebelumnya. Lakukan yg terbaik, bukan hanya untuk diri sendiri tpi juga untuk ayah, ibu, guru, dan orang-orang yg sayang kalian. Kami percaya pd kalian, kalian pasti BISA, yakinlah pd kemampuan diri, maka keajaiban itu akan muncul. Semoga sahabat semua sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Berikut ini beberapa tips sebelum mengerjakan UN ataupun pada waktu pelaksanaan UN, yang mungkin bermanfaat :
1. Jangan forsir pikiran dan tenaga kalian saat hari-hari Ujian Nasional. Kami yakin bahwa kalian sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Memforsir tenaga dan pikiran pada hari H hanya akan membuat kalian capek, ngantuk dan berakibat kurang konsentrasi ketika mengerjakan soal ujian. Belajarlah secukupnya, maksimal 3 jam pada malam hari dan 1 jam pada pagi hari.

2. Jangan terburu-buru untuk mengerjakan soal, baca petunjuk soal dan pertanyaan dengan baik, cermat dan teliti.

3. Isikan identitas diri dengan lengkap, cermat dan teliti. Meskipun Anda bisa menjawab semua soal dengan baik tetapi jika kalian tidak mengisi identitas dengan benar, akan berakibat fatal.

4. Kerjakan soal-soal yang menurut kalian paling mudah dan jangan terpaku untuk mengerjakan soal yang membuat kalian penasaran. Ingat waktu dengan baik. Kalian hanya memiliki waktu 2 jam. Jangan buang waktu dengan percuma dan bagilah waktu untuk mengerjakan dengan tepat. Pada pelajaran-pelajaran eksakta, Matematika, Fisika, IPA, Kimia biasanya waktu akan berjalan cepat, karena kalian disibukkan dengan hitung-menghitung. Bawa jam tangan atau jam kecil agar pikiran adik-adik bikin tenang.

5. Kerjakan soal dengan jujur dan jangan pernah percaya dengan yang namanya dengan bocoran ujian nasional. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan jangan terpengaruh dengan teman-teman lain. Meskipun kalian bisa memperoleh nilai yang bagus, tetapi jika itu dikerjakan dengan tidak jujur, maka akan menjadi sia-sia dan kalian akan merasa berdosa dengan Tuhan.

6. Jaga kondisi kesehatan. Gunakan pola makan dan istirahat yang teratur karena hal ini akan berpengaruh pada konsentrasi . Kurang tidur bisa menyebabkan kurang konsentrasi dan tidak teliti.

7. Berdo’alah terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Berdo’a akan membuat pikiran kalian tenang dan tidak terburu-buru.

Sekali lagi, selamat menempuh UN 2011. Kiranya tips dari kami akan bermanfaat bagi Anda semua yang akan mulai mengerjalkan UN esok hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s