Apa dan Bagaimana setelah UN

Ujian Nasional merupakan momentum yang penting bagi perjalanan adik- adik, anak-anak  kita dalam menuju masa depannya. Oleh karena itu, kita perlu mensikapinya secara arif dan bijaksana. Tips dibawah ini mungkin bisa menjadi masukan atau inspirasi untuk para orang tua, guru, kepala sekolah.

Sebentar lagi akan dilaksanakan pengumuman Hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2010/2011. Ada dua hal yang akan terjadi, yakni LULUS dan TIDAK LULUS. Yang dapat Anda (para pelajar, anak- anak, adik-adik ) lakukan sekarang adalah BERDO’A semoga harapan Anda LULUS akan terbukti.

Selanjutnya siapkan mental Anda (para pelajar, anak-anak, adik-adik atau kemanakan kita)untuk menghadapi langkah selanjutnya setelah pengumuman UN. Pertanyaannya adalah:
1. Apa dan Bagaimana setelah Lulus?
2. Apa dan Bagaimana setelah Tidak Lulus?

A. Jika LULUS

1). Anda layak untuk merayakannya.
2). Anda harus bersyukur kepada Allah SWT, lakukan syujud syukur (beralaskan Koran atau buku ga apa-apa).
3). Anda harus mengucapkan terima kasih kepada Kepsek, guru-guru, dan orang tua.
4). Rayakan acara perpisahan dengan keluarga besar di sekolah sesederhana mungkin. Jangan berlebihan. Jangan boros, Anda memerlukan biaya yang besar untuk melanjutkan sekolah.
5). a. Pilih sekolah lanjutan/PT (SMP atau TSANAWIYAH atau PESANTREN, PTN/PTS/PTK) yang baik dan sesuai. Kriterianya: Sekolah tersebut memiliki guru yang cukup dan dikenal baik oleh orang tua atau oleh lingkungannya, fasilitas: perpustakaan, laboratorium.
5). b. Pilih sekolah jenjang menengah (SMA, SMK, atau Aliyah dan PESANTREN) yang baik dan sesuai. Kriterianya: Sekolah tersebut memiliki guru yang memadai, fasilitas: perpustakaan, laboratorium, berprestasi pada bidang yang sesuai dengan minat atau Bakat Anda. KETAHUILAH Perbedaan karakteristik antara SMA, SMK, dan MA. Pilihan terhadap masing-masing lembaga tersebut, memiliki konsekwensi masa depan yang berbeda.
5).c. Pilih Lembaga Pendidikan (Universitas, Fakultas, dan Jurusan; Akademi, Diploma,Kursus, magang) yang baik dan sesuai.
6). Jangan memilih sekolah yang selalu ada kasus tawuran atau kasus narkoba
7). Kalau ada yang murah, kenapa pilih yang mahal.
8). Kalau ada yang GRATISAN, CEK dulu benar apa ga. CEK pula Guru- gurunya, perpustakaannya, dan ruang belajarnya serta Surat Izin Dari Dinas Pendidikan setempat.

B. Jika TIDAK LULUS

1). Jangan bersedih terlalu lama; JANGAN menyesali diri terlalu lama.
2). KETAHUILAH: tidak LULUS bukan berarti bodoh. ANDA hanya kurang
beruntung :D.
3). Ketahuilah: MASA DEPAN Anda tetap CERAH.
4). Belajarlah lebih giat dan banyak berdoa.

(guruindonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s