Sebanyak 3.922 Peserta Ikuti Ujian SMUP 2011

Sebanyak 3.922 peserta mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Diploma (D-III dan D-IV), Program S1 asal D-III, serta Program Profesi untuk Akuntansi dan Apoteker. Ujian dilaksanakan secara serentak hari Sabtu (16/07) mulai pukul 8.00 WIB.

Adapun lokasi ujian hanya dilaksanakan di kota Bandung, yang di bagi menjadi 5 lokasi. Lokasi ujian untuk Program D-III meliputi beberapa gedung di Kampus-kampus Unpad Jalan Dipati Ukur, Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Cimandiri, Jalan Dago Pojok dan juga di Jalan Bukit Dago Utara.

Sementara untuk lokasi ujian Program D-IV dipusatkan di Aula Grha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Jalan Dipati Ukur. Untuk lokasi ujian peserta SMUP Program S1 asal D-III dipusatkan di kampus Unpad Jalan Bukit Dago Utara. Materi ujian bagi peserta program Diploma (D-III dan D-IV) meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris sedangkan untuk Program S1 asal D-III yaitu Tes Kemampuan Belajar (TKB).

Saat pelaksanaan ujian, ada satu orang peserta yang harus melaksanakan ujian di rumah sakit Advent, Jalan Cihampelas 116, Bandung.

“Hari ini ada yang harus melaksanakan ujian di rumah sakit Advent Bandung karena sakit. Namanya Muhammad Rizaldy Latief. Dia tes untuk Program S1 asal D-III. Kendati sakit, dia tetap ingin ikut tes. Jadi, tetap kita layani,” ujar Dr. Denie Heriyadi, Ir., MS., selaku koordinator SMUP untuk Program Diploma saat ditemui di sekretariat SMUP.

Denie juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada masalah berarti terkait dengan pelaksanaan ujian. Hanya saja masalah keterlambatan peserta ujian paling banyak terlihat. Bahkan masih ada peserta yang mengembalikan biodata hingga hari ini.

“Sejauh ini hanya mengenai keterlambatan peserta saja. Ada juga peserta yang mengantar biodata sampai pagi ini. Tetap kita layani karena walau bagaimana pun mereka telah membeli PIN SMUP,” tambahnya.

Data yang diterima oleh panitia menyebutkan bahwa peserta SMUP Program D-III yang mengikuti ujian berjumlah 2.936 dari total 3.015 yang membeli PIN. Untuk Program D-IV berjumlah 156 dari total 169 pembeli PIN, dan program S-1 asal D-III berjumlah 688 dari total 707 pembeli. Adapun peserta Program Profesi Akuntansi dan Apoteker masing-masing berjumlah 34 dan 108 orang peserta.

Pada SMUP tahun ini, Unpad hanya memberikan jatah kursi untuk Program D-III sebanyak 2.316 kursi, 48 kursi untuk D-IV, dan 504 kursi untuk Program S-1 asal D-III. Berdasarkan data SMUP, Program D-III untuk jurusan Akuntansi masih menjadi favorit karena diminati sebanyak 732 peserta, selanjutnya jurusan Kebidanan.

“Jurusan Akuntansi masih yang terfavorit untuk Program D-III disusul dengan Kebidanan dengan peminat sebanyak 353 peserta,” ungkap Denie.

Hasil ujian SMUP Program D-III, D-IV dan S1 asal D-III akan diumumkan pada hari Jumat, 22 Juli 2011 melalui website Unpad http://www.unpad.ac.id. (unpad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s