30 Mahasiswa Terima Beasiswa Unggulan

Sebanyak 30 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di berbagai daerah di Indonesia menerima beasiswa unggulan dari Bank CIMB Niaga. Pemberian beasiswa bagi 30 mahasiswa dengan prestasi akademis dan nonakademis tersebut berlangsung di Gedung A Lantai 3 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2011). Program besutan Kemendikbud dan Bank CIMB Niaga ini merupakan kali ketiga setelah diluncurkan pada 2009.

Para penerima beasiswa tersebut berasal dari delapan PTN terkemuka di Indonesia. Kedelapan kampus itu adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kali ini dana yang dikucurkan CIMB sebesar Rp1,5 miliar. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan hingga meraih gelar sarjana yang diberikan selama 48 bulan atau delapan semester), biaya hidup sekira Rp1 juta per bulan, biaya pengembangan diri, dan perlengkapan penunjang perkuliahan berupa laptop.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’I’m menilai, program ini adalah langkah yang tepat sasaran. Sebab, kualitas pendidikan erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat.

“Semakin tinggi kualitas pendidikan akan semakin tinggi kesejahteraan masyarakat. Maka, akses pendidikan jangan sampai terbatas pada kelas sosial ekonomi,” katanya.

Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga, Daniel James Rompas mengatakan, program beasiswa unggulan ini menjadi bentuk Corporate Social Responsibility CIMB Niaga terhadap pendidikan. Terutama bagi generasi muda yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

“Diharapkan dengan pemberian beasiswa ini, kaum muda dapat melanjutkan cita-cita pendahulu untuk terus memajukan Indonesia,” ujar Daniel di hadapan para penerima beasiswa.

Jumlah penerima beasiswa dan dana yang dikucurkan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Pada 2009, penerima beasiswa mencapai 39 mahasiswa dengan anggaran dana sebesar Rp2 miliar. Sementara tahun lalu, dana yang dikucurkan mencapai Rp2,5 miliar dengan penerima beasiswa sebanyak 43 mahasiswa.

“Meski tahun ini jumlahnya menurun, diharapkan tahun depan semakin banyak generasi muda dengan prestasi membanggakan dapat menerima beasiswa ini,” tuturnya. (kampusokezone)

Tinggalkan komentar