Bank Indonesia Dukung Kredit Wirausaha untuk Mahasiswa

Dalam bisnis, modal bukan segala-galanya. Walaupun begitu, modal seringkali dianggap sebagai hambatan utama seseorang dalam menjalankan sebuah usaha. Bagi mahasiswa yang sudah dan ingin berwirausaha, saat ini sebenarnya sudah banyak peluang untuk mendapatkan modal usaha melalui kredit perbankan.

Suasana talkshow bertema “Kredit untuk Mahasiswa dan Inovasi Bisnis” di Plasa Kampus Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad, Jatinangor, Jumat (2/11). (Foto: Lydia Okva Anjelia)*

“Penting, kredit bagi mahasiswa. Walaupun kebanyakan mahasiswa yang ketika lulus ingin menjadi pegawai, tapi tidak sedikit juga yang pada akhirnya terjun ke wirausaha. Di Jawa Barat sendiri, ada 18,2 juta unit usaha mikro. Menurut survei, banyak wirausaha adalah hasil kecelakaan. Kecelakaan yang dimaksud adalah tidak ada pekerjaan lain, yang bisa dilakukan kecuali berwirausaha,” ungkap Harry S. Baskoro, perwakilan dari Bank Indonesia Kota Bandung, dalam acara talkshow  “Kredit untuk Mahasiswa dan Inovasi Bisnis” di Plasa Kampus Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad, Jatinangor, Jumat (2/11). Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari “Agrifest 2011 dan Pagelaran Seni Mahasiswa, Fakultas Pertanian Unpad”.

Harry kemudian menambahkan bahwa saat ini BI terus mendukung bank-bank untuk memberikan kredit bagi mahasiswa. Hadir pula dalam acara ini, perwakilan dari Bank BNI, Herry Purnama. Senada dengan Harry, Herry menjelaskan bahwa Bank BNI saat ini mempunyai program BNI Mitra Kampus.

“Jadi, kami membiayai mahasiswa-mahasiswa yang sudah dan mau punya usaha. Kreditnya itu maksimal sampai dengan seratus juta rupiah,” jelas Herry.

Hadir pula sebagai pembicara dalam acara ini, Joni Janitea pemilik dari J & C Cookies. Menurutnya, dengan banyaknya peluang kredit yang diberikan. Maka, modal jangan lagi jadi hambatan utama seseorang menjalankan sebuah usaha. Malah, soft skill dan networking dari pelaku tersebut lah unsur yang paling menentukan suksesnya sebuah usaha.

Inovasi Karya Mahasiswa
Dalam rangkaian acara yang sama, di seputaran plasa Kampus Fakultas Pertanian Unpad dipamerkan pula 32 produk hasil inovasi mahasiswa Program Studi Agribisnis angkatan 2008. Berbagai produk makanan hasil inovasi karya mahasiswa dipamerkan dalam gelaran ini. Ada rangginang aneka rasa, ada juga nugget sayur, kue atau cake yang terbuat dari tape, dan sandwish pisang.

Bahkan ada pula burger yang dagingnya terbuat dari jantung pisang, bakpao isi ikan, selai yang terbuat dari lidah buaya, telur itik aneka rasa, dan masih banyak lagi. Tidak hanya produk makanan, ada pula produk kecantikan yaitu lulur. Lulur karya inovasi mahasiswa tersebut terbuat dari ampas kedelai, tapi mempunyai khasiat dan wangi yang sama dengan lulur yang dijual pada umumnya.

Ditemui disela-sela acara, Ketua Program Studi Agrobisnis, Dr. Tomy Perdana, SP., MM mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari mata kuliah Business Enabling and Development Programme (BEDP) Program Studi Agribisnis.

“Pameran ini adalah salah satu bagian dari mata kuliah. Dimana mereka harus mampu mengembangkan inovasi baik itu produk,  jasa, model bisnis, kelembagaan. Kemudian hasilnya harus mereka pamerkan dengan mengundang calon-calon investor,” kata Tomy.

Ada sebanyak 28 calon investor yang hadir dalam acara ini. Penilaian nantinya akan diberikan oleh para mitra usaha, pihak bank, dan dosen.

“Ada beberapa kriteria. Idenya harus kreatif dan ada pembeda dengan yang lain. Potensi dari sisi ekonomisnya, prosesnya, penampilan stand. Kalau penilaian dari dosen, yang dinilai adalah proses mereka mengembangkan bisnis plan ini dari awal sampai akhir,” lengkap Tomy.

Tomy kemudian menambahkan, bahwa saat ini mahasiswa memang perlu sarana untuk dapat meningkatkan softskill mereka dalam hal berwirausaha. “Sampai saat ini, antusiasme mahasiswa sangat baik dalam wirausaha. Maka kita fokuskan pada pengembangan soft skill-nya, terutama bagaimana mereka dapat berinteraksi langsung dengan para pelaku,” tutup Tomy.(unpad)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s