Beasiswa BUMN | 277 Mahasiswa UGM Mendapat Beasiswa BUMN

Sebanyak 277 mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memperoleh beasiswa “BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan” tahap kedua sebesar Rp 1,098 miliar lebih. Penyerahan beasiswa itu dilakukan secara simbolis oleh Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (Persero) Laurensius Manurung sebagai perwakilan BUMN Peduli kepada mahasiswa, dan disaksikan Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Haryanto di Yogyakarta, Kamis.

Laurensius Manurung mengatakan beasiswa BUMN Peduli merupakan wujud komitmen BUMN dalam membantu menjamin kelangsungan pendidikan di perguruan tinggi negeri sampai lulus bagi mahasiswa yang berprestasi, tetapi tidak mampu secara ekonomi.

“Kami berharap bantuan beasiswa pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa sehingga dapat memperlancar proses studi,” katanya, Kamis (1/12/2011).

Ia mengatakan bantuan itu diharapkan dapat benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga mahasiswa menjadi lebih fokus dalam studinya dan selesai tepat waktu, tanpa harus terbebani persoalan biaya hidup dan biaya kuliah.

“Pada akhirnya, hal itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa, perguruan tinggi, dan kemajuan bangsa ini,” katanya.

Menurut dia, beasiswa untuk mahasiswa UGM itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program “BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan” yang merupakan program nasional BUMN.

“Program itu implementasinya berdasarkan nota kesepahaman antara Menteri BUMN, 27 rektor perguruan tinggi negeri, dan Kelompok Kerja (Pokja) ’BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan’ pada 2009 dengan total dana Rp 85 miliar,” katanya.

Ia mengatakan sampai November 2011 telah disalurkan dana beasiswa itu sebesar Rp36,216 miliar lebih untuk 27 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

“Untuk UGM total dana yang dialokasikan sebesar Rp6 miliar dalam jangka waktu empat tahun. Sampai saat ini beasiswa untuk UGM yang telah disalurkan dalam dua tahap total sebesar Rp 2,597 miliar lebih,” katanya.

Menurut dia, pada tahap pertama telah diberikan beasiswa sebesar Rp 1,499 miliar lebih untuk 378 mahasiswa dan pada tahap kedua disalurkan dana sebesar Rp 1,098 miliar lebih untuk 277 mahasiswa UGM.

Direktur Kemahasiswaan UGM Haryanto mengatakan bantuan beasiswa ini diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

“Mahasiswa penerima beasiswa diharapkan dapat lebih berprestasi. Hal itu penting karena pendidikan adalah sebuah investasi untuk masa depan,” katanya. (edukasikompas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s