Beasiswa IKA ITS bagi Akvitis Organisasi Mahasiswa ITS

logobeasiswa.jpgPresiden Sukarno dalam pidato yang terkenal “beri saya 100 orang pemuda terbaik, dan saya akan rubah dunia”. Ini menunjukkan begitu pentingnya peran seorang pemuda. Revoluasi 66 dimulai oleh gerakan yang dimotori kalangan mahassiwa, peristiwa malari 1974 yang menolak modal asing yang mengakibatkan kekayaan dan manfaat sumber daya alam dinikmati oleh asing dimotori kalangan mahasiswa. Peristiwa reformasi 1998 yang menumbangkan kekuasaan Orde Baru dimotori oleh kalangan mahasiswa. Jika melihat curiculum vitae aktivitas dan tokoh nasional, terlihat jelas gemblengan kepemimpinan dimulai semenjak tokoh tersebut aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan. Begitupula para aktivis IKA ITS didominasi oleh alumni yang semasa kuliah aktif diberbagai organisasi mahasiswa (intra dan ektra kampus).

Berpijak dari relita diatas, dilandasi oleh kebutuhan regenerasi aktivitas IKA ITS dimasa mendatang dan turut memberikan dukungan bagi bersemainya jiwa-jiwa kepemimpinan mahasiswa ITS, PP IKA ITS semenjak tahun 2008 memberikan beasiswa khusus aktivitas organisasi kemahasiswaan ITS, berupa pembayaran SPP selama 1 tahun. Idiom dikalangan aktivitas kemahasiswaan yang memiliki IP kurang bagus, telah dipatahkan melalui beasiswa aktivitas organisasi mahasiswa ITS. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan ini setara dengan beasiswa pada umumnya, yaitu mensyaratkan IP yang cukup tinggi diatas 3,0. Ini sebagai upaya mewujudkan calon pemimpin masa depan yang tidak hanya memiliki kemampuan leadership yang mumpuni, namun juga memiliki kemampuan teknis/keilmuan yang memadai.

Pengurus Pusat IKA ITS periode 2011-2105 kembali meluncurkan beasiswa untuk aktivis dengan nama “2012 Scholarship For Next LEADER, Beasiswa IKA ITS bagi aktivis organisasi mahasiswa ITS”. Menurut Wasekjen Bidang Hubungan Kampus dan Kemahasiswaan Ir Hamdani Batasyam beasiswa ini telah menjadi ciri khas bagi upaya IKA ITS mendukung terciptanya pemimpin masa depan yang memiliki integritas, dan kemampuan keilmuwan yang mumpuni. Semenjak diluncurkan tahun 2008 telah diberikan beasiswa bagi 200 aktivis organisasi mahasiswa ITS. Penggembengan jiwa kepemimpinan, manajerial dan team working secara tidak langsung dilakukan PP IKA ITS bagi penerima beasiswa  aktivitas organisasi mahasiswa ITS ini dengan melibatkan mereka pada kegiatan-kegiatan IKA ITS yang dilaksanakan dikampus, antara lain : pendataan wisudawan, diskusi/sharing 2 jam bersama alumni, persiapan ProLead dan lainnya. Sehingga semenjak menjadi aktivis organisasi mahasiswa sudah berinteraksi langsung dengang kegiatan dan pengurus IKA ITS. Dari data seleksi pada tahun-tahun sebelumnya peminat beasiswa ini sangat banyak, artinya aktivis mahasiswa di ITS saat ini adalah orang “pinter-pinter” dan tinggal bagaimana ITS dan IKA ITS dapat memfasilitasinya untuk meraih prestasi yang lebih baik dari sisi akademis dan non akademis.

Kriteria aktivis mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini adalah :
1. Aktivis organisasi mahasiwa ITS, yang telah mendapatkan pengesahan kepengurusan organisasi sesuai SK Rektor ITS dan telah menjabat sebagai pengurus organisasi mahasiswa ITS minimal 3 bulan kepengurusan.
2. IPK minimal 3 sampai semester terakhir.
3. Memiliki prestasi atau bakat lain selai kemampuan akademis.
4. Diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu.
5. Bersedia mengikuti wawancara dengan IKA ITS dan ITS jika diperlukan.
5. Mengisi form aplikasi beasiswa IKA ITS 2012 yang dapat didownload di http://www.its.ac.id atau http://www.alumniits.co. Batas akhir pendaftaran beasiswa IKA ITS 2012 dalam bentuk penyerahan berkas (hardocpy) ditujukan kepada Bpk. Dr. Ir. Bambang Sampurno (Ketua Departemen Hubungan Kampus PP IKA ITS 2011-2015) di Gedung BAAK, Bagian Kemahasiswaan paling lambat tanggal 6 Januari 2012 jam 15.00 wib.

Informasi lebih detail mengenai program beasiswa aktivis kemahasiswaan ini dapat dilihat pada poster yang ditempel di kampus ITS atau di download di http://www.alumniits.com (fitur DOWNLOAD).

Bagi yang berminat dan membutuhkan informasi lebih lanjtu dapat menghubungi Bpk. Dr. Ir. Bambang Sampurno (HP 081216840619,email : bsampurno@me.its.ac.id) atau Bpk. Machsus Fawzi (HP 08123215364 email : machsus@ce.its.ac.id) (Sumber: alumniits.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s