Kunci Sukses Magang di Perusahaan Korea

KOREA tengah menjadi perbincangan di kalangan kawula muda Indonesia. Mulai dari penyanyi, film, kebudayaan, kuliner, dan sekarang merambah ke dunia pendidikan. Namun, bagaimana dengan kesempatan magang di perusahaan Korea, baik di Indonesia maupun di Negeri Gingseng tersebut.

Chang Ik Hwan, salah satu pengelola Yayasan Indonesian-Korean Culture Study (IKCS) mengungkapkan, peluang bagi pelajar tingkat SMK dan mahasiswa untuk magang di perusahaan Korea sangatlah besar.

“Peluang pelajar SMK dan mahasiswa untuk magang di perusahaan Korea di Tanah Air maupun di Korea sangat besar. Terutama jika mereka memiliki kemampuan berbahasa Korea, maka kesempatan mereka akan lebih besar dibandingkan dengan yang tidak bisa berbahasa Korea. Tentu sesuai dengan jurusan masing-masing,” kata Chang, panggilan akrab pria tersebut ketika ditemui di Kampus Bina Nusantara (Binus), belum lama ini.

Chang menyatakan, sebagian besar karyawan yang bekerja di perusahaan Korea berasal dari pegawai magang. “Lebih dari 70 persen karyawan yang bekerja di perusahaan Korea berasal dari pegawai magang,” ujar pria ini ramah.

Namun, selain kemampuan berbahasa Korea, lanjut Chang, masih terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi sebuah perusahaan untuk menjadikan pegawai magang sebagai karyawan. “Mempelajari dan memahami kebudayaan serta etika Korea menjadi pertimbangan sebuah perusahaan dalam mempekerjakan seorang karyawan,” katanya menjelaskan.

Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini menuturkan, mempelajari serta memahami kebudayaan maupun etika Korea sangat penting untuk menghindari gegar budaya (culture shock) saat bekerja di perusahaan Korea.

“Indonesia dan Korea tentu memiliki kebudayaan dan etika yang berbeda. Maka, penting bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin magang di perusahaan Korea untuk mempelajari dan memahaminya terlebih dahulu. Sebab, berdasarkan pengalaman terdahulu, mereka yang tidak mempelajari budaya dan etika Korea akan mengalami culture shock ketika bekerja di perusahaan Korea,” tutur Chang.

Dia menyebutkan, perusahaan Korea tidak hanya berkonseterasi atau bergerak di satu bidang industri saja. “Perusahaan Korea bergerak di banyak bidang, seperti IT, accounting, manajemen accounting, pariwisata, tata boga, dan otomotif. Tinggal dicocokkan dengan jurusan dari mahasiswa atau pelajar tersebut,” katanya.

IKCS merupakan lembaga yang menjembatani industri dengan pelajar atau mahasiswa. Mereka menyediakan pelayanan bagi kamu yang sangat tertarik untuk menggeluti Korea, mulai dari pengajaran dan pemahaman bahasa Korea, sejarah, budaya, dan etika negara asal boyband K-Pop tersebut.

Melalui lembaga ini, kamu akan mendapatkan surat rekomendasi bagi perusahaan tempat tujuan magang. Tentu dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Di antaranya, nilai, prestasi, dan penguasaan pengetahuan tentang Korea. (kampusokezone)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s