Sekolah Gratis, Langsung Kerja

Horee luluuss! Satu tahapan berat yang menguras tenaga sudah abu-abuers lewati. Selanjutnya, saat berburu perguruan tinggi sesuai minat kita. Enggak mudah mendapatkan bangku perguruan tinggi favorit, kita harus bersaing dengan ribuan orang. Duuhh…

Tapi, selalu ada jalan buat kita yang mau berusaha. Selain sibuk mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang jadi incaranmu, ada juga lho kampus dengan ikatan dinas yang bisa dijajaki.

Kampus ikatan dinas ini menarik. Kalau kita diterima di sini, setelah lulus bisa langsung bekerja di instansi induknya. Semuanya gratis! Asyiknya lagi, kita dapat uang saku setiap bulan. Kuliah gratis, langsung dapat kerja, kurang apa?

Tapi, ketentuan ini enggak berlaku untuk semua kampus ikatan dinas. Soalnya, beberapa kampus ikatan dinas sudah mengubah kebijakan mereka. Jadi, kita perlu mengecek soal ini biar enggak salah info.

Gimana ya caranya masuk sekolah ikatan dinas? Enggak mudah memang. Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, untuk bisa masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) harus melalui tiga tahap tes, yaitu tes akademik, psikotes, dan kesehatan.

”Persaingannya ketat, kami menerima sekitar 500 mahasiswa, yang mendaftar sudah 23.000 orang. Ketika sudah diterima di STIS, kami juga menerapkan sistem drop out bila siswa tak dapat mencapai standar nilai yang ditetapkan,” ungkap Suryamin yang pernah menjadi Ketua STIS.

Sekolah kedinasan didirikan, menurut Suryamin, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dengan keahlian khusus bagi instansi pemerintah tertentu.

Jadi, kalaupun kita enggak tembus SNMPTN, masih banyak kemungkinan lain, ada perguruan tinggi swasta atau malah sekolah kedinasan. (SIE/DOE)

***

Beberapa Sekolah Dinas yang Bisa Jadi Pilihan bagi MuDAers

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di bawah Badan Pusat Statistik (BPS), berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata No 64C, Jakarta. Mulanya bernama Akademik Ilmu Statistik dan dibuka sejak tahun 1958.

STIS membuka program diploma 4 (D-4) yang ditempuh selama empat tahun. Untuk masuk STIS, kita cukup membayar pendaftaran Rp 225.000 dan setelah itu gratis. Selama sekolah setiap bulan kita mendapat uang saku sekitar Rp 850.000 dan setelah lulus menjadi PNS golongan IIIA. Info lengkapnya: di www.stis.ac.id

Sekolah Tinggi Multi Media Training Center

Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (STMMTC) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI. Lokasi di Jalan Magelang Km 6 Yogyakarta.

Ini institusi pendidikan tinggi di bidang media. STMMTC cocok bagi MuDAers yang berminat dengan pengetahuan dan keterampilan bidang broadcasting dan multimedia. Program yang ditawarkan STMMTC adalah pendidikan kedinasan bagi aparatur pemerintah dan swadaya untuk masyarakat umum.

STMMTC membuka pendaftaran mahasiswa lewat jalur reguler dan jalur prestasi. Biaya kuliah Rp 1.725.000-Rp 2.075.000 per semester. Pendaftaran online dibuka mulai 21 Februari hingga 11 Agustus 2011.

Tertarik? Info lengkap cek di www.mmtc.ac.id

Sekolah Tinggi Sandi Negara

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) di bawah Lembaga Sandi Negara, berlokasi di Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

Sebagai sekolah berikatan dinas, setelah lulus mahasiswa diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil sesuai peraturan yang berlaku.

STSN mempunyai dua program studi, yaitu Teknik Persandian, yang dibagi menjadi Bidang Minat Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi, serta Program Studi Manajemen Persandian. Infonya: di www.stsn-nci.ac.id

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) di bawah Kementerian Sosial, lokasinya di Jalan Ir H Juanda No 367 Bandung.

STKS adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Sosial yang menyelenggarakan program pendidikan diploma IV untuk Pekerjaan Sosial dan Program Pascasarjana Spesialis Pekerjaan Sosial.

STKS berdiri sejak 1964 sebagai peningkatan dari Kursus Kejuruan Sosial Tingkat Tinggi (KKSTT).

Mulai tahun akademik 2006, STKS Bandung menyelenggarakan program studi Profesi Pekerjaan Sosial dan Pendidikan Spesialis. Pekerjaan Sosial meliputi dua konsentrasi, yaitu Konsentrasi Pekerjaan Sosial Klinis dan Konsentrasi Pekerjaan Sosial Komunitas. Cek infonya di www.stks.ac.id

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di bawah Kementerian Dalam Negeri. Lokasinya di Jatinangor (Sumedang), Pekanbaru, Manado, Bukittinggi, dan Makassar.

Setiap tahun pemerintah hanya memberikan jatah penerimaan 1.000 praja. Persaingan ketat antarcalon praja dimulai sejak pendaftaran di daerah, di mana setiap kabupaten/kota diberi jatah menerima dan mengirim dua praja. Di tingkat provinsi pun pemerintah hanya memberikan jatah dua praja untuk dididik di IPDN.

Kenyataan dipenuhinya segala kebutuhan selama tinggal di mes sekaligus telah terdaftarnya para praja sebagai PNS golongan IIA tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Mulai tahun 2010, kebijakan Pendidikan Kepamongprajaan dikonsentrasikan pada program diploma empat (D-4) pada semester I sampai VI, selanjutnya penjurusan dan pengalihan ke program S-1. Info: cek www.ipdn.ac.id

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan dalam naungan Kementerian Keuangan. Pendidikan program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan STAN bertujuan menghasilkan tenaga ahli bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu, seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, serta Kepiutanglelangan.

Lulusannya dibekali pengetahuan, keterampilan, dan keahlian profesional sesuai spesialisasinya. Lulusan STAN untuk memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader pengelola keuangan negara pada unit di lingkungan Departemen Keuangan dan instansi pemerintah lainnya, seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pendaftaran 25 Mei-17 Juni 2011, secara e-regestrasi, cek di http://www.stan.ac.id (edukasikompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s