Tips Mengisi Liburan (1) | Forum Batasa

Liburan memang adalah saat-saat yang menyenangkan bagi pelajar dan mahasiswa bahan untuk yang sudah bekerja. Kalau anak-anak TK dan SD biasanya sih menghabiskan liburan dengan pergi ke rumah nenek mungkin, rekreasi ke kebun binatang, ke puncak, atau ke tempat-tempat wisata lainnya.

Sedangkan anak SMP-SMA lebih banyak menghabiskan liburannya dengan hang out atau kumpul-kumpul bersama teman-temannya. Maklum pada usia ini jalinan pertemanan itu begitu kuat. ada juga yang mengabiskan waktu dengan bermain PlayStation.
Nah yang unik kalau sudah mahasiswa. Karena kebanyakan mahasiswa itu pendatang, maka mereka lebih memilih pulang kampung. Namun bagi yang mahasiswa asli kota tersebut maka kebanyakan liburan diisi dengan membuat bercak di bantal alias molor, nonton tv seharian penuh, main game, atau browsing ‘n chating.

Disadari atau tidak sebenarnya waktu liburan itu bisa jadi sarana kita untuk mengembangkan diri. Dengan waktu luang yang begitu banyak jauh lebih baik kalau kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Berikut ini tips-tips dari saya juga beberapa teman yang turut memberikan masukan agar liburan tidak menjadi sia-sia.

1. Bisnis
Cobalah asah bakat anda dalam berwirausaha. Karena bagaimanapun juga kita tidak bisa terus menggantungkan diri pada orang tua. Jadi di waktu liburan isilah dengan mencoba untuk dagang kecil-kecilan. Sebagai contoh ada beberapa teman saya yang jualan layangan, cat warna, dan “senar gelasan”. Biasanya mereka jual di dekat tanah lapang tempat pemain layangan mengadu ilmu. Hasilnya lumayan loh, keuntungan yang didapat bisa 3 kali lipat dari modalnya.

Bisnis kecil-kecilan lain yang layak dicoba adalah jadi GUIDE dadakan. Bisnis ini biasanya dikerjakan berkelompok. Dan diutamakan ada yang punya kendaraan. Guide dadakan adalah sebuah bisnis yang menawarkan jasa untuk mengantar tourist local (manca juga boleh), pergi keliling ke tempat wisata di kota tempat tinggal sang Guide. Di sini keahlian anda dalam mengenali tempat-tempat wisata dan keunggulannya sangat dibutuhkan. Sebagai penutup ajak mereka (para tourist) untuk mengunjungi tempat kuliner andalan di kota anda.

Dan bagi anda yang punya mobil pribadi. Gunakan keahlian anda dalam mengendarakan mobil untuk mencari tambahan penghasilan. Caranya tawarkan jasa untuk mengajari mengendalikan mobil pada orang-orang yang belum bisa nyetir. Tarifnya terserah anda, bisa 200ribu sampai bisa, 300ribu, 500ribu, silahkan atur sendiri.

Ada banyak bisnis kecil-kecilan lainnya yang bisa anda garap saat liburan. Jualan cilok, jualan ikan cupang, jualan jagung bakar, jual celana jeans, dll. Silahkan coba dengan keahlian dan mood anda masing-maing.

2. JJM (Jalan-Jalan Menantang)
Jalan-jalan adalah salah satu sarana having fun yang paling murah dan mudah. Namun kalo hanya sekedar jalan-jalan ke mall, atau ke tempat rekreasi saja sepertinya kurang berkesan dan terlalu biasa. Manfaatkan waktu liburan untuk melakukan hal-hal gila yang berkesan (dalam batasan norma tentunya).

Salah satu hal yang mungkin bisa menjadi pilihan anda dalam mengisi liburan adalah dengan JJM alias Jalan-Jalan Menantang. Sebagai contoh cobalah untuk melakukan perjalanan ke bali tapi dengan hanya berbekal 3 helai baju (plus yang dipakai), 2 buah celana (plus yang dipakai juga), uang 50ribu saja, no ATM, dan tidak boleh bawa hand phone. Anda harus bisa nyampai di sana dengan bekal seadanya itu. Kemudian bermalan di Bali selama 2 hari. Bagaimana sanggup? Saya jamin banyak hal-hal aneh dan luar biasa yang bisa anda alami.

3. Belajar Keahlian Baru
Kalo anda selama ini belum bisa mengendarai mobil, maka isilah liburan ini dengan belajar mengendaliakan mobil. Yang belum bisa berenang ya belajar berenang. Bagi anda terutama yang cewek belum bisa masak ada baiknya anda belajar memasak. Pokoknya setelah liburan harus ada keahlian baru yanga anda miliki.

4. Menulis
Pernah dalam suatu postingan bulan desember lalu kalau kelemahan bangsa kita adalah enggan menulis. Padahal tulisan itu pengaruhnya besar pada peradaban dunia. Dalam pelajaran sejarah saja sudah dibahas bahwa zaman sudah dikatakan memiliki peradaban ketika mereka mulai mengenal tulisan. Dengan kata lain sudah ada tulisan sebagai sarana untuk mengabadikan peristiwa yang terjadi. Maka daripada itu cobalah untuk membuat tulisan pada saat liburan ini. Bisa berupa diary kehidupan, cerpen, atau sekedar menulis puisi. Yang penting latihlah terus diri anda agar bisa menyuarakan isi otak dan hati anda dalam bentuk aksara.

5. Silaturahmi
Silaturahmi adalah salah satu point penting tebentuknya ikatan atau ukhuwah. Silaturahmi di sini tidak hanya pergi ke rumah teman-teman dekat saja. Karena kalau hanya silaturahmi ke teman-teman dekat saja. Percuma donk, nanti lingkungan kita cuman itu-itu saja.

Pada saat liburan ini cobalah anda silaturahim pada siapa saja. Bisa jadi anda harus mengunjung teman anda yang paling rese atau menyebalkan. Atau bahkan mengunjungi orang-orang yang elama ini bersebrangan dengan anda. Karena dalam silaturahmi itulah kelak kita akan menemukan benang merah dari perbedaan runcing yang sering menjauhkan kita dari mereka selama ini. Dan ketika benang merah itu mulai bisa kita temukan biasanya akan terjadi sebuah kompromi-kompromi yang malah mendekatkan kita dan mereka.

Baik rekan-rekan sekalian, itu tadi beberapa tips dari saya dan beberapa teman lainnya yang mungkin bisa menginspirasi anada untuk mengisi leiburan. Semoga liburan ini berkesan dan setelahnya kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s