Tips Mengisi Liburan (2) | Isi Liburan dengan Kegiatan Kreatif

Jangan biarkan buah hati Anda hanya mengisi liburannya dengan bermain saja. Orangtua sebaiknya memutar otak untuk mengisi sisa liburan anak dengan kegiatan kreatif dalam suasana yang menyenangkan. Liburan merupakan masa yang dinantikan anak-anak. Selain bermain, banyak yang bisa dilakukan mereka. Dalam mengisi waktu liburan anak-anak, tidak ada salahnya jika orangtua mengisinya dengan kegiatan kreatif.

Mengasah kreativitas anak tidak harus dilakukan saat anak di sekolah, tetapi bisa di mana saja dan kapan saja. Karena saat liburan pun, anak-anak bisa mengisinya dengan melakukan kegiatan yang membuatnya kreatif.

”Saat liburan, ketika anak-anak diajak langsung ke tempat-tempat yang mendidik dan mengasah kreativitasnya, maka hal itu bisa dijadikan untuk memperkaya proses pembelajarannya di dalam kelas,” kata pakar emotional intelligence dari Radani Edutainment, Hanny Muchtar Darta, Certified EI PSYCH-K SET.

Menurutnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan jelajahi selama liburan ini dan semuanya seru, menyenangkan, dan mendidik. Dalam bukunya yang berjudul Pelesir Seri Pengembangan Bakat Panduan Libur Penuh Edukasi, Hanny menjelaskan bahwa merencanakan kegiatan yang menyenangkan dan mendidik untuk mengisi waktu luang anak saat liburan panjang merupakan hal yang mengasyikkan sekaligus menantang.

”Orangtua dituntut untuk bertindak kreatif agar anak tidak bosan melakukan kegiatan yang bisa merangsang kreatifnya saat liburan,” ujarnya.

Misalnya saja dengan melakukan kegiatan melukis. Melukis, bukan saja bisa dilakukan di atas kertas. Sepatu misalnya. Orangtua bisa menyiapkan sepatu putih polos dan cat yang bisa digunakan untuk kain di atas sepatu. Selain mendapatkan kegiatan yang baru, anak-anak juga bisa mendapatkan kegiatan yang menyenangkan yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.

Liburan yang baik untuk anak tentunya yang menggunakan liburan sebagai salah satu pendekatan dalam menstimulasi perkembangan anak dalam melakukan hal baru. Dengan begitu, anak akan merasa gembira, nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi maupun intelektual, sehat fisik maupun mental.

”Liburan bisa dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk menstimulasi anak,” sebut Hanny yang mengambil pendidikan di Emotional Intelligence Six Seconds USA tahun 2004 dan 2005.

Lebih lanjut Hanny menjelaskan, faktor untuk membuat anak gembira adalah sangat penting. Banyak tempat liburan yang mendidik dan sekaligus menyenangkan.

”Jika anak sudah bosan, tanyakan apa yang diinginkan dan bernegosiasi dengan anak,” ujar wanita yang juga menyelesaikan pendidikan Braingym di Singapura tahun 2008.

Misalnya saja saat anak lebih memilih mal ketimbang melakukan kegiatan-kegiatan kreatifnya, maka carilah mal yang memiliki fasilitas menarik untuk anak.

Misalnya saja di Taman Anggrek Condominium Tower, di sana terdapat salah satu gerai bernama Gokomo Kids Chess. Adapun yang menjadi daya tarik utama adalah gerai tersebut memberikan pelajaran mengenai catur.

Sebab, permainan ini dapat memberikan pengalaman baru kepada anak, terutama karena melalui catur, anak dapat meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat dan yang pasti kreativitas anak pun meningkat.

Psikolog anak dari Universitas Indonesia, Gisella Tani Pratiwi SPsi menuturkan bahwa dengan mengajak anak mengisi liburan dengan aktivitas seru, berarti orangtua juga memberikan manfaat yang baik untuk mereka. Karena dengan kegiatan liburan yang menyenangkan ini, anak menjadi bahagia, dan bisa me-refresh kejenuhan yang ada saat masa-masa sekolah kemarin.

”Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Dan jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan,” ujar psikolog yang akrab disapa Gissel ini.

Ingat, berlibur bukanlah suatu kegiatan yang hanya bisa diisi dengan bermain saja, tetapi juga sebagai momen untuk anak agar bisa mengembangkan kreativitasnya yang bisa mencerdaskan anak. (lifestyle.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s