Jurusan Teknik Pemadam Kebakaran | Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka program studi (prodi) baru yakni program S-1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan nomor 47/H39/DT/2011 dan 4195/-072.

Termasuk dalam perjanjian, yakni pemanfaatan fasilitas dan pendayagunaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Pusat Pendidikan Latihan Dinas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, mengadakan pelatihan dan loka karya, serta kajian dan penelitian yang terkait.

Dekan fakultas Teknik UNJ Basuki Wibawa mengatakan, konsentrasi Fire Protection and Safety Engineering ini telah memiliki 37 mahasiswa di tahun pertamanya.

“Pembentukan prodi ini telah disiapkan dengan perangkat kurikulum yang sesuai dengan prodi tersebut, selain itu, membangun mitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) dan Kementerian Sumber Daya Manusia (KemenSDM),” ujar Basuki, seperti yang dikutip dari website UNJ, Minggu (11/9/2011).

Selain itu, lanjutnya, UNJ akan membangun gedung bertingkat karena keterbatasan lahan. “Untuk itu, inilah tantangan mahasiswa baru prodi ini dan melindungi gedung-gedung tersebut,” dia mengimbuhkan.

UNJ, menurutnya, merupakan pelopor dalam, prodi tersebut di Indonesia. “Semoga prodi ini bisa memberikan inspirasi baru dan dapat mengembangkan sayap ke luar negeri untuk menjaliln kerja sama dalam bidang yang sama,” tutur Basuki.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana, Paimin Napitupulu mengatakan, dirinya merasa senang dan menyambut baik dengan dibukanya prodi tersebut di Fakultas Teknik UNJ, yang sekaligus merupakan yang pertama di Indonesia.

“Semoga lulusan prodi ini kelak dapat bekerja di lingkungan yang sesuai dalam rangka menurunkan angka terjadinya bencana kebakaran, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penaggulangan kebakaran,” harap Paimin.(Sumber:kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s