Tips Memilih Jurusan di SNMPTN Undangan (1)

Berapa banyak dari anda (kelas XII) yang akan mengikuti SNMPTN Undangan? Prestasi di OSK/OSP/OSN/Pelatnas dan lomba-lomba pemrograman yang bergengi (i.e. sertifikatnya) bisa dilampirkan untuk meningkatkan “nilai jual” anda.

Namun berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan. Proses penentuan penerimaan dilakukan secara bersama, bertahap dan manual di masing-masing unversitas tujuan. Tahap pertama HANYA pada pilihan pertama saja. Tahap kedua, jika ada bangku tersisa, baru dipenuhi dengan mencari dari pilihan kedua dari yang tidak lolos pilihan pertama. Karena SNMPTN Undangan ini baru pertamakalinya dilakukan dan bisa jadi memakan waktu yang cukup lama (karena evaluasi manual), demi mengejar waktu, diperkirakan tahap pertama dilakukan untuk memenuhi kuota bangku yang ada “semaksimal mungkin” kecuali kalau belum tercukupi akan dicari dari tahap kedua.

Jadi saran kami untuk adik-adik tercinta 🙂 isilah pilihan pertama dengan yang memang anda minati dan yang memiliki kans terbesar untuk lolos dan jangan terlalu berharap pada pilihan kedua. Maksudnya begini, jika pilihan pertama anda adalah X dan pilihan kedua adalah Y. X adalah favorit (banyak peminatnya dan kans anda kecil) sementara anda memiliki kans yang cukup besar untuk Y (kurang favorit). Karena anda tidak lolos di X, maka karena Y pilihan kedua, bisa jadi kuota di Y sudah habis (tidak ada tahap kedua) sehingga anda gigit jari. Sementara, jika pilihan pertama Y, maka anda bisa langsung lolos di Y pada tahap pertama.

Ini berbeda dengan sistem penerimaan SNMPTN Ujian dengan proses seleksi yang bertahap dan computerized dengan algoritma yang memungkinkan pilihan kedua/ketiga, tetap dalam list jadi di tempat pilihan kedua/ketiga tersebut. (Suryana Setiawan, Dosen Fasilkom UI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s