4 TIPS AGAR ANDA MEMENANGKAN LOMBA MENULIS

Anda hobi menulis? tentunya jika ada kesempatan untuk mengikuti lomba-lomba menulis Anda tidak mau melewatkannya. Ya, kapan lagi hobi Anda berbuah manis seperti uang dan penghargaan. Tapi sudahkah Anda mengetahui bagaimana menulis yang baik agar tulisan Anda menjadi yang terbaik dalam lomba. Kalah menang memang hal yang biasa dalam sebuah perlombaan, tapi Anda harus menghasilkan sesuatu yang terbaik dari Anda apapun hasil akhirnya nanti.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memberikan diri Anda kesempatan yang lebih baik. Ada cara yang sah untuk melakukan hal ini. Tidak ada kecurangan yang terlibat tetapi ada beberapa bacaan dan beberapa usaha sebagai gantinya.

  1. Baca peraturan kompetisi
    Bacalah secara menyeluruh dan pastikan bahwa Anda memahaminya. Sebelum memulai menulis pastikan Anda tahu topik apa yang akan dilombakan sehingga Anda dapat membayangkan isi dari apa yang nantinya akan Anda tulis.
  2. Optimalkan Kreativitas Anda
    Jika Anda sudah mengetahui topiknya dengan jelas dan apa yang ingin Anda tuangkan menjadi tulisan, jangan lupa untuk menggunakan sedikit kreativitas. Jangan pedulikan siapa yang membaca tulisan Anda, entah juri ataupun publik pusatkan saja tulisan Anda untuk mendapatkan perhatian dari pembaca. Judul yang menarik namun tidak keluar dari topik tentunya poin penting yang membuat pembaca tertarik untuk terus membaca. Tidak peduli apakah itu sebuah artikel, puisi atau cerita pendek. Anda tidak harus rumit-rumit sebab kadang tulisan yang sederhana adalah lebih baik.
  3. Koreksi Kembali Tulisan Anda
    Setelah menyelesaikan proses penulisan, luangkan waktu beberapa saat untuk mengoreksinya. Ajaklah orang lain untuk melihat tulisan Anda dan berkata jujur tentang tulisan Anda. Ini akan banyak membantu Anda dalam mengetahui apa yang kurang dari tulisan Anda. Mereka bahkan mungkin menemukan kesalahan yang tidak Anda sadari. Lakukan revisi dan membacanya lagi untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan.
  4. Serahkanlah Tulisan Tepat Waktu
    Biasanya, dalam perlombaan menulis diberi batas waktu untuk mengirimkan naskah. Serahkanlah tulisan Anda tepat waktu dan pastikan Anda menyertakan data pribadi seperti nama, alamat, e-mail dan data yang lainnya.

Pedoman umum untuk memaksimalkan kesempatan memenangkan kontes menulis bisa Anda latih mulai dari sekarang. Ingatlah bahwa tidak ada kata cukup untuk mengasah kemampuan, jangan menyerah dan hasil terbaik adalah yang terbaik pula dari kemampuan maksimal Anda.(tdwclub.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s