Info Kost-an | di Kota Malang

Waduh aku kebagian kuliah di Kota Malang nih :). Nah Bagi adik-adik Binaan Forum Batasa yang baru lolos SNMPTN dan mau mencari tempat Kostan di Kota Malang. Di bawah ini adalah beerapa informasi singkat seputar Kost-an di Kota Malang. Di antaranya:

Daerah Sumbersari. Di daerah yang terletak sekitar lima kilometer dari pusat Kota Malang ini merupakan daerah kampus.

Ada lebih 10 perguruan tinggi yang berlokasi di daerah Sumbersari. Perguruan tinggi itu antara lain:

  1. Universitas Brawijaya,
  2. Universitas Negeri Malang,
  3. Universitas Islam Negeri Malang,
  4. Institut Teknologi Malang,
  5. Universitas Merdeka,
  6. Kampus II Universitas Muhammadiyah Malang,
  7. Universitas Kristen Widya Wandala,
  8. Universitas Islam Negeri Malang

Sebagai daerah sentra rumah kos, Sumbersari sangat mudah diakses dari berbagai penjuru kota. Angkutan kota ke berbagai jurusan tersedia 24 jam dengan ongkos Rp 3000. Jarak antar kampus bisa ditempuh dengan 10-20 menit jalan kaki.

Kamar-kamar kos disewakan per tahun. Harga perkamar berukuran antara 3×4 meter persegi dan 4×4 meter persegi bervariasi, antara Rp 1.500 ribu – 1.800.000 per kamar untuk rumah kos bangunan sederhana. Sedangkan untuk rumah yang baru dan lumayan bagus, tarif yang ditetapkan lebih mahal, antara Rp 2 juta – Rp 2,5.

Fasilitas yang didapat hampir sama, yaitu lemari,tempat tidur dan meja belajar serta kamar mandi umum. Bedanya, bangunan kos baru ini biasanya dilengkapi dengan TV dan telpon.

Sentra rumah kos lain adalah di Daerah Landungsari. Di daerah ini terdapat kampus pusat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tempat kos tersebar di :

  1. Jalan Tlogomas,
  2. Tirto Utomo,
  3. Tirto Taruno,
  4. Tirto Rahayu,
  5. Tirto Sari,
  6. Perumahan Landungsari Asri,
  7. Perumahan Bukit Hijau,
  8. Perumahan Permata Hijau
  9. Jalan Raya Jetis Barokah,
  10. Jalan Baiduri Pandan dan
  11. Jalan Baiduri Bulan serta
  12. Daerah Wisata Sengkaling.

Wilayah kos-kosan ini selain dekat dengan kampus UMM, juga dekat dengan terminal bus dan angkutan kota Landungsari…lihat saja kode di Angkot warna biru ada tulisanLDG.

Di daerah ini, uang sewa per kamar lebih mahal dibanding daerah Sumbersari. Di Jalan Tirto Utomo, Perumahan Landungsari Asri dan sekitarnya yang hanya berjarak 10 menit ke Kampus UMM harga sewa kamar lebih mahal dibandingkan daerah Sengkaling yang berjarak sekitar 30 menit hingga 1 jam jalan kaki dariKampus UMM.

Di jalan Tirto Utomo, harga sewa mencapai Rp 2 juta hingga 2.3 juta untuk rumah bangunan lama dan Rp 2,5 juta hingga 3 juta untuk rumah baru. Fasilitas yang disediakan kamar mandi umum, telpon, TV, lemari, tempat tidur, meja belajar, garasi sepeda dan dapur.

Sewa kamar lebih murah untuk daerah Sengkaling. Harganya berkisar antara 1,2 juta hingga Rp.1,6 juta per kamar tahun. Biasanya mahasiswa yang memilih daerah ini mempunyai kendaraan sendiri. (Dari Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s