Tips Mencatat yang Efektif Bagi Mahasiswa

Mencatat secara efektif merupakan salah satu keterampilan penting yang banyak tidak dikuasai oleh mahasiswa. Sayangnya, sekolah tinggi sering tidak mempersiapkan siswa dengan benar untuk membuat catatan dalam lingkungan kelas kuliah. Padahal ini salah satu hal yang penting, karena mencatat secara efektif adalah sama pentingnya dengan belajar bagaimana menulis makalah atau pada saat Kamu menghadapi ujian. Berikut adalah beberapa tips untuk bagaimana mendengarkan secara aktif dan mencatat catatan kuliah yang baik

1) Aktif mendengarkan

Ketika Kamu sedang menonton komedi situasi atau didalam percakapan santai itu adalah salah satu bentuk percakapan yang pasif. Mendengarkan secara aktif adalah ketika Kamu mendengarkan dengan cermat dan memastikan bahwa Kamu memahami dan mempelajari informasi yang sedang disampaikan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Kamu lakukan untuk bisa mendengarkan secara aktif :

– Dengarkan poin utama dan subpoin utama. Jangan menulis semua yang Dosen Kamu jelaskan. Kamu hanya perlu mendengarkan dengan seksama dan pastikan Kamu mengerti apa tujuan dari mata kuliah ini. Saat Kamu mulai mencatat, pastikan poin utama tetap dalam pikiran Kamu dan pastikan Kamu memahami bagaimana catatan ini saling berkaitan antara poin utama dan sub-sub poin yang lainnya.

– Memahami sebuah struktur organisasi. Kecuali jika dosen Kamu adalah dosen yang disiplin dan tertaur, catatan nya mungkin diatur dalam beberapa jenis kerangka. Kamu harus mendengarkan dengan cermat untuk mencari tahu bagaimana catatan dosen tersebut bisa diatur dengan baik. Akan tetapi jika dosen Kamu menyediakan sebuah kerangka dengan menulis di papan tulis atau menggunakan Power Point, berarti hal ini menguntungkan buat Kamu karena Kamu tidak perlu dengan hanya mendengarkan dan bisa langsung mencatat apa yang dilihat.

– Mendengarkan dengan mata. Jika Dosen Kamu hanya menyampaikan informasi melalui komunikasi nonverbal, Kamu perlu memperhatikan gerak-gerik anggota tubuhnya dan mulai mencatat yang menurut Kamu itu penting karena biasanya Dosen yang seperti ini akan memberikan sinyal jika apa yang dia jelaskan itu penting. Maka, mata kamu harus tetap terjaga ya!.

– Hilangkan gangguan. Gangguan ini bisa berarti telepon genggam, buku novel, komik, atau permainan TTS, dll. Jadi saat Kamu berada dikelas, usahakan kamu tidak menyentuh barang-barang itu ya, karena perhatian Kamu akan terpecah dan akhirnya Kamu tidak fokus dengan apa yang Dosen jelaskan.

2)Teknik yang tepat untuk menulis cepat dan mencatat catatan kuliah.

Belajar menuliskan semua informasi penting secara teratur adalah sebuah tantangan juga. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu :

– Catat tanggal dan topik yang akan dibahas. Ini akan membantu memicu memori Kamu bila Kamu belajar.

– Belajar menulis dengan cepat. Atau ketik cepat, jika Anda menggunakan laptop. Gunakan banyak singkatan untuk mempercepat   penulisan, tidak harus rapi, yang penting Kamu mengerti apa yang Kamu tulis.

– Jangan menyalin catatan Bahan Kuliah atau PowerPoint kata demi kata. Jika seorang Dosen memakai PowerPoint atau bahan mata kuliah yang dicatat dan dipersentasikan di depan kelas, Kamu jangan menulis semua yang ada di slide-slide tersebut, tapi Kamu harus mendengarkan penjelasan Dosen dan mencatat bagian yang penting yang tidak ada di Slide tersebut.

– Tandai catatan Kamu jika Dosen kamu menunjukkan bahwa bagian itu penting. Biasanya akan keluar lho saat ujian.

– Jangan takut untuk mengangkat tangan atau berbicara dengan sedikit keras jika Dosen Kamu berbicara terlalu cepat atau ada penjelasannya yang mungkin kurang jelas. Ini bisa menjadi perhatian khusus dari Dosen lho, karena kamu berarti memperhatikan apa yang dijelaskan olehnya.

3) Melihat Kembali catatan.

Ini adalah hal yang sangat penting, walaupun tidak semua siswa melakukannya. Lihat kembali catatanmu untuk memastikan bahwa kamu mengerti semua yang kamu tulis dan untuk tetap segar di kepala Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk melihat kembali catatan Kamu :

– Setelah kelas selesai, segera menulis ulang atau jenis catatan Kamu. Ini dapat membantu untuk mempertahankan informasi yang baru saja Kamu dapat untuk tetap kamu ingat setelah kelas berakhir.

– Membaca kembali catatan Kamu saat akan memulai kelas itu pada minggu depannya. Hanya untuk beberapa menit saja, biar menyegarkan ingatan kamu lagi dan jika Dosen bertanya tentang hal yang dibahas kemarin, Kamu bisa menjawabnya!.

– Kamu tidak perlu merasa segan untuk menanyakan catatan Kamu ke Dosen Kamu jika kamu merasa salah atau berbeda dengan teman sebelahmu. Daripada Kamu malu menanyakan dan ternyata Kamu salah, wah bisa bahaya tuh jika bahan itu yang akan keluar di soal ujian. Jadi jangan segan ya untuk bertanya ke Dosen kamu!.

(collegeuniversity.suite101.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s