Tips Merencanakan Kuliah dengan Baik

Setiap orang pasti berharap mendapatkan pendidikan yang terbaik dalam hidupnya. Akan tetapi kenyataannya tidak semua orang bisa memperoleh kesempatan ini. Saya tidak perlu menyalahkan siapa-siapa atas kondisi ini, meski saya kadang sedih melihat kenyataan ini. Saya berharap semua orang mendapatkan haknya, sehingga mereka dapat hidup layak sebagai manusia. Saya tidak ingin berbicara tentang mereka yang oleh kenyataan tidak bisa memperoleh hak akses pendidikan. Tetapi kali ini saya ingin mengajak mereka yang memperoleh kesempatan untuk kuliah agar memanfaatkan kesempatan kuliah mereka dengan baik.

Kita mulai saja :) Pada saat Anda kuliah nanti Anda akan menemukan dua tipe mahasiswa, yaitu mahasiswa yang lulus dengan CUMLAUDE dan ada juga yang lulus dengan KEMELUT. Apakah yang salah atau benar dengan dua tipe orang tersebut? Sebenarnya tidak ada yang salah atau yang benar, tetapi yang jelas mereka berbeda dalam manajemen, baik manajemen diri maupun manajemen waktu.

Apa sih yang dimaksud dengan manajemen diri itu? Manajemen diri berarti Anda dapat mengatur diri sendiri, dimana Anda menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Anda gagal merupakan akumulasi dari hasil kegagalan Anda dalam memanjemen diri, bukan karena orang lain. Akan tetapi kita sering sekali mencari kambing hitam orang lain. Mulai sekarang belajarlah jujur terhadap diri sendiri. Mulailah belajar untuk memahami diri sendiri, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam proses studi Anda nanti.

Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen waktu? Anda mengerti dengan baik bagaimana mengatur waktu Anda, bagaimana memposisikan waktu Anda, bagaimana memanfaatkan waktu Anda dengan baik. Ingatlah bahwa setiap orang di muka bumi ini diberikan jumlah waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Maka sadarilah dengan baik bagaimana menggunakan waktu Anda secara bertanggung jawab.

Berikut beberapa tips buat Anda yang akan segera memasuki bangku kuliah:

  1. Buatlah jadwal yang teatur untuk semua aktivitas Anda dalam seminggu. Untuk ini saya sarankan Anda untuk mencatat dengan baik jadwal kuliah Anda. (nanti saya akan buat tulisan lain tentang bagaimana menyususn jadwal aktivitas Anda dengan baik…..ditunggu ya)
  2. Belajarlah untuk membuat catatan yang baik dalam perkuliahan Anda. Catatan adalah rekaman materikuliah yang berasal dari pemahman Anda. Ada beberapa tipe dan cara membuat catatan yang baik dalam perkuliahan. Nanti juga akan saya tulis dalam kesempatan yang akan datang.
  3. Berolahragalah secara teratur agar tubuh Anda tetapi sehat dan segar. Jika Anda sakit, kemampuan Anda dalam menerima materi kuliah juga akan berkurang.

(ilham1st.web.ugm.ac.id)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s