Alasan Kenapa Masa Kuliah Menjadi Lama Selesainya

Masa kuliah memang tidak jauh berbeda dengan masa SMA baik dari segi aktivitas, cara berfikir, insting dan sebagainya. Namun bisa dibilang masa SMA adalah start awal terbentuknya karakter dan di masa kuliah adalah proses pematanganya walaupun belum sampai matang juga.

Sebenarnya masa produktif dari kebanyakan orang yang om simpulkan adalah berkisar umur 30 hingga 50 tahun. Di waktu tersebut bisa dibilang mencapai tahap pendewasaan. Tapi kalo bisa menjadi lebih cepat dewasa merupakan hal yang lebih baik walaupun setiap orang mempunyai rentan waktu yang berbeda-beda saat beranjak menjadi dewasa.

Tapi anda jangan merasa senang dulu dengan nilai subjek diatas lantas anda berbuat seenaknya karena di masa kuliah ini anda dituntut untuk mempersiapkan diri lebih matang hingga berlanjut ke dunia kerja. Ada yang bilang masa kuliah adalah masa untuk bersenang-senang karena banyak waktu luang tapi pemikiran ini adalah salah besar dan harus diperbaiki. Apabila dibiarkan berlarut-larut maka akhirnya masa kuliah menjadi lebih lama karena tidak konsentrasi dan kesibukan lainnya. Karena itulah anda harus mengenali alasan akar permasalahan yang kerap terjadi yang menimpa mahasiswa-mahasiswi, simak saja alasannya berikut ini :

1. Merasa terpaksa

Wisuda adalah idaman dan kebanggaan setiap orang tua apalagi keinginan melihat anaknya menjadi sosok anak yang cerdas, sukses dan dibanggakan. Hingga akhirnya kata paksaan mulai muncul hingga menyekolahkan anaknya untuk kuliahpun dilakukan. Pendidikan memang penting untuk masa depan, tapi lihatlah kondisi terlebih dahulu. Jangan membuat anak merasa ada beban yang dipikul hingga akhirnya malas untuk kuliah bahkan ada yang pengen cepat lulus.

2. Ambil jurusan yang salah

Universitas negeri merupakan kampus favorite dan tempatnya orang2 gaul + pinter. Tapi kalo pas mendaftar tidak diterima hingga akhirnya mengambil jurusan lain yang sebenarnya tidak diminati hanya semata-mata sebagai pelarian saja karena tidak diterima. Tujuan utamanya cuman satu, tetap kuliah walaupun jurusannya salah.

3. Faktor kebebasan

Waktu kuliah seringkali membuat kita merasa bebas dan jauh dari orang tua, hingga akhirnya waktu kebebasan itu dimanfaatkan seperti cuman maen2 saja pas kuliah, begadang, kongkow2 alias nongkrong kesana kemari yang ga jelas.

4.  Kesibukan berorganisasi di kampus

Dunia organisasi seperti organisasi kemahasiswaan memang penting tapi jangan dijadikan skala utama ketika anda menginjak kuliah. Jadikan itu nomer urutan sekian dari jadwal kuliah, karena dunia organisasi seringkali menyita waktu belajar, tenaga dan pikiran. Sehingga kuliah menjadi terbengkelai. Berarti sudah saatnya anda mengatur waktu untuk itu.

5. Sibuk karena Hobi

Hobi memang layak dikembangkan tapi kalo berlebihan bisa menjadi hal yang perlu dikuatirkan. Hobi yang perlu diwaspadai seperti maen Playstation, maen game, maen band, futsal dan sebagainya.

6.  Karena sudah bekerja

Kerja memang penting untuk mendapatkan uang, bagi yang tidak mampu perlu tambahan biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Realistis saja lah .. perut perlu di isi juga. Maka dari itu, harus bekerja untuk tambahan ekstra. Tapi bagaimana kalo tidak bisa mengatur waktunya dan akhirnya keasyikan kerja.  So .. anda harus pintar-pintar mengatur waktu.

7. Ga ada jaminan setelah lulus langsung kerja

Ingatlah 3 hal ini, hidup mati, rezeki dan jodoh sudah ada yang mengatur. Terutama rezeki, semuanya sudah ada yang ngatur dan anda jangan merasa pesimis. Kembangkan potensi bakat dan skill anda dengan belajar di waktu luang diluar jam kuliah karena proses itulah sebagai modal untuk melamar pekerjaan.

8. Sibuk Pacaran melulu 🙂

Pacaran memang boleh apalagi buat nambah semangat untuk kuliah agar lebih rajin, Ga da yang ngelarang koq. Tapi apa jadinya kalo sibuk pacaran terus … bisa2 anda ketinggalan kuliah bahkan seringkali meninggalkan jam kuliah karena ada janji makan, nonton film atau sibuk maen dengan pacar anda.

9. Sifat Malas

Bermalas-malasan memang ada waktunya terutama masa liburan, tapi kalo rasa malas menyerang tiap hari gimana coba ? Apalagi ketemu dosen yang menjengkelkan … jadi malas deh. So … buang2 jauh sifat malas itu, karena sifat itu akan menyerang balik ke anda.

10.  Berbagai macam masalah yang dihadapi

Alasan yang satu ini kadang menjadi point dilema untuk dijalani. Hidup ini memang banyak masalah dan harus diselesaikan. Ketika masa kuliah pasti ada lika-liku kehidupan yang harus dijalani dan setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalaminya. Jangan merasa hancur dengan masalah yg dihadapi, berjuanglah untuk maju karena demi kebaikan anda sendiri. Tetaplah optimis !

Well, dari 10 point diatas dari sisi om secara pribadi adalah point 6 dan 10 bahkan sering diejek sebagai mahasiswa abadi tapi toh akhirnya wisuda. Ejekan tersebut ternyata memotivasi om untuk menata masa depan menjadi lebih baik lagi. Bayangin saja, om kuliah selama 10 tahun, hehehe …

Masa depan memang tidak ada yang tahu dan hanya Tuhan yang tahu. Hidup memang berat untuk dijalani tapi kalo kita tidak memotivasi diri sendiri apa jadinya masa depan kita, so lanjutkan kuliah anda dan raih masa depan yang lebih baik. Jangan mundur sejengkalpun dan pantang menyerah karena anda akan menuai hasilnya di kemudian hari. Semoga topik ini Fakta Alasan Kenapa Masa Kuliah Menjadi Lama Selesainya bisa memotivasi anda untuk menjadi mahasiswa dan orang sukses yang lebih baik lagi. Wassalam … (omdimas.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s