Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan negara tujuan kuliah di luar negeri, apakah itu reputasi universitas di negara tujuan, lokasi negara tujuan, dan lainnya. Bagi kebanyakan siswa, faktor penting yang perlu dipertimbangkan baik-baik adalah jumlah biaya yang perlu dikeluarkan serta apa yang bisa didapatkan setelah lulus kuliah.

Selama ini Inggris dan Amerika merupakan dua negara tujuan utama siswa internasional karena reputasi universitasnya yang baik. Australia, Selandia Baru dan Asia secara keseluruhan, juga semakin populer untuk siswa internasional. Negara manakah yang sebenarnya memberikan pengalaman yang terbaik dari segi biaya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa membandingkan biaya kuliah dan biaya hidup di 6 negara, Inggris, Amerika, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia. Juga terdapat perbandingan upah kerja rata-rata per jam di 6 negara tersebut untuk memberikan gambaran berapa penghasilan yang bisa didapatkan jika kuliah sambil bekerja paruh waktu.

Dari infografis di atas, jelas bahwa biaya kuliah di Malaysia dan Singapura lebih murah jika dibandingkan dengan negara lainnya. Biaya hidup di dua negara ini juga merupakan yang terendah. Namun sayangnya upah kerja rata-rata per jam juga merupakan yang terendah, hanya sekitar $1.65 per jam di Malaysia dan $3.96 di Singapura.

Biaya kuliah di Australia paling murah jika dibandingkan dengan negara barat lainnya, namun perlu diingat bahwa biaya hidup di negara kanguru ini cukup tinggi, lebih tinggi daripada di Inggris dan juga Amerika. Tapi biaya hidup yang tinggi ini mungkin bisa ditutup dengan upah kerja per jamnya yang juga tinggi, paling tinggi di antara keenam negara tersebut.

Biaya kuliah di Inggris dan di Amerika adalah yang paling mahal, tapi biaya hidup di dua negara ini masih lebih rendah daripada di Australia. Biaya kuliah yang tinggi tersebut bisa dianggap sebagai sebuah investasi karena reputasi universitas Inggris dan Amerika yang terkenal baik bisa saja membantu karir kamu di kemudian hari. Reputasi universitas kedua negara tersebut dapat dibuktikan dengan melihat daftar peringkat universitas dunia Times tahun 2010-2011 dimana 67 dari 100 universitas terbaik di dunia merupakan universitas Inggris dan Amerika.

Kamu perlu tahu bahwa untuk mendapatkan gelar dari universitas Amerika atau Inggris tidak selalu harus dengan kuliah di negara yang bersangkutan. Sudah banyak universitas di Asia, Australia maupun Selandia Baru yang menawarkan gelar Amerika atau Inggris. Malah ada juga yang menawarkan twinning program dimana mahasiswa akan mendapatkan dua gelar, gelar dari universitas lokal tersebut dan juga gelar dari universitas partner di Amerika atau Inggris secara bersamaan saat lulus.

Pada akhirnya kita semua ingin tahu negara manakah yang terbaik. Semuanya sebenarnya tergantung pada dirimu sendiri dan tujuanmu kuliah ke luar negeri. Dari segi biaya jelas bahwa Malaysia dan Singapura menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah serta kesempatan untuk mendapatkan gelar dari universitas Amerika atau Inggris secara bersamaan. Tapi jika kamu ingin mengalami langsung sistem pendidikan barat dan kehidupan yang berbeda dari di Asia, mungkin biaya kuliah yang tinggi di negara barat merupakan suatu investasi dimana pengalaman yang kamu dapatkan jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan jumlah uang yang dikeluarkan. (hotcourses.co.id)

Jadi, negara manakah yang akan kamu pilih? 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s