Tips Bisnis untuk Mahasiswa

Peluang usaha bagi mahasiswa sangat dibutuhkan terutama bagi mahasiswa yang berada jauh di perantauan. Dengan semakin tingginya harga kebutuhan harian dan uang sewa kos, terkadang kiriman uang dari orang tua tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bagi beberapa orang, meminjam uang kepada teman bukan merupakan solusi yang terbaik, sehingga memilih untuk memulai suatu usaha sampingan.

Jika Anda termasuk mahasiswa yang akan mencoba berbisnis untuk menambah keuangan, berikut adalah tips yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha sampingan:
1. Pilihlah bisnis yang sudah pasti ada konsumennya, dengan begitu produk atau jasa Anda akan mudah terjual. Misalnya barang atau jasa yang sering dibutuhkan mahasiwa lainnya, seperti bisnis pulsa atau makanan ringan.

2. Jual kemampuan Anda, misalnya Anda kuliah di jurusan bahasa, cobalah untuk membuka les untuk bahasa. Dengan begini selain menambah keuangan, Anda juga dapat terus belajar.

3. Tempat usaha sebaiknya berada dekat dengan target konsumen, misalnya daerah kampus atau kos-kosan.

4. Pertimbangkan rekan kerja. Kadang ada usaha yang membutuhkan rekan kerja, namun semua itu tergantung pada keputusan Anda.

5. Untuk modal, Anda bisa mendapatkan melalui program kredit mahasiswa yang ada di beberapa Bank. Atau jika Anda tidak mau terlibat dalam pinjaman, maka mulailah menabung sebelum memulai.

Sebenarnya kesempatan berbisnis bisa datang untuk siapa saja dan kapan saja. Semua bergantung pada bagaimana usaha Anda mencarinya, kuncinya adalah tetap berusaha dan jangan patah semangat. Semoga berguna. (carikredit.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s