Tips Memilih Pakaian Buat Mahasiswa

Selain persiapan mental dan pengetahuan, satu hal lagi yang harus kamu persiapan saat memasuki bangku kuliah yaitu pakaian. Apapun gaya kamu kenyaman adalah hal utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih pakaian kuliah. Berikut beberapa hal dalam berbusana yang harus kamu ingat sebelum kamu memulai hari pertamamu menjadi seorang mahasiswa.

1. Sediakan pakaian yang nyaman

Kenyamanan berpakaian wajib hukumnya bagi setiap orang, tidak terkecuali para mahasiswa dan mahasiswi baru. Karena dengan pakaian yang nyaman, kamu bisa tampil lebih pede dan bebas. Celana jeans, kaos, dan sweeter atau kardigan adalah salah satu busana favorit untuk ke kampus, selain casual, pakaian ini juga membuat pemakainya terlihat nyaman mengenakannya. Sediakan beberapa stok jenis busana ini, agar kamu bisa berganti-ganti gaya setiap hari. Meski kaos dan celana jeans adalah salah satu pakaian favorit, kamu juga harus tetap menyediakan beberapa pakaian yang bisa dipakai untuk saat formil seperti ujian, atau bertemu dosen. Untuk itu tak ada salahnya kamu sediakan beberapa potong kemeja formil dan celana atau rok bahan dilemari. Bagi kamu yang ngekos, sediakan pula baju-baju santai untuk dipakai saat di kosan.

2. Pakai sepatu yang nyaman

Sepatu yang nyaman menjadi salah satu hal penting yang mendukung segala aktifitas kamu di kampus. Bagi para wanita, hindari memakai high heels ke kampus, sebaliknya pilihlah sepatu yang berhak datar, atau tipis. Sneaker menjadi salah satu sepatu favorit pilihan para mahasiswa dan mahasiswi untuk ke kampus.

3. Pilih pakaian yang membutuhkan sedikit perawatan

Agar menghemat waktu dan tenaga pilihlah pakaian yang minim perawatan. Pakaian yang membutuhkan perawatan khusus, seperti harus di dry clean, harus di cuci tangan dan sebagainya justru akan menyulitkan kamu saat dibutuhkan mendesak. Apalagi jika kamu tinggal ngekos dan jauh dari rumah, repotnya pasti akan sangat terasa.

4. Sediakan pakaian yang sesuai musim

Musim dibeberapa kota seringkali berbeda satu sama lain, misalnya iklim di bandung terasa lebih sejuk dibandingkan di Semarang dan sebagainya. Perhatikan perbedaan musim tersebut dalam menyiapkan pakaian kuliah. Jika kamu kuliah ditempat yang beriklim dingin persiapkan jaket, atau sweeter hangat untuk melindungi kamu dari dingin.

5. Sediakan pakaian akhir pekan

Akhir pekan biasanya digunakan para mahasiswa untuk berwisata, pesta, atau sekedar jalan ke mall. Sediakan pakaian khusus untuk acara tersebut agar kamu bisa tampil beda, terutama buat kamu yang tinggal jauh dari rumah, agar tidak repot mencari-cari busana untuk acara-acara tersebut.

6. Hindari memakai pakaian minim

Rok mini atau tank top merupakan salah satu pakaian yang menjadi favorit para wanita. Namun, hindari memakai pakaian ini untuk kuliah jika kamu tidak mau menjadi omongan teman-teman sekampus atau menimbulkan persepsi buruk dimata teman-temanmu. Simpan pakaian tersebut untuk acara akhir pekan saja, sebaliknya usahakan agar kamu tampil lebih profesional di dalam kelas dengan pakaian yang sopan dan pantas.

7. Bawa pakaian yang bisa dirangkap

Beberapa kampus memiliki AC yang sangat dingin di ruang kelasnya. Buat kamu yang tidak tahan dingin selalu bawa cardigan atau jaket tipis untuk melindungi mu didalam kelas, kamu bisa membukanya diluar kelas yang panas.

8. Aksesoris pendukung

Kalung, gelang, topi, dan aksesoris pendukung lainnya juga bisa kamu pakai untuk melengkapi gaya busana kamu agar terlihat beda. Pilihlah aksesoris sederhana yang tidak terlihat berlebihan untuk dipakai ke kampus.

9. Tidak harus mahal dan baru

Tidak selamanya busana yang nyaman untuk ke kampus adalah busana yang mahal, bermerek dan baru. Karena apapun merek dan modelnya selama busana tersebut pas dipakai dan kamu pintar mamadupadankan maka akan mendukung keseluruhan penampilan kamu. Bahkan saat ini banyak para mahasiswa dan mahasiswi yang hobi belanja di toko baju bekas yang kadang menyediakan baju-baju vintage yang sesuai dengan selera mereka dan justru terlihat keren saat dipakai. (muridoke.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s