Tips Mendapatkan Pekerjaan, Untuk Mahasiswa dan Alumni Baru

Setiap mahasiswa tentunya bercita cita mendapatkan pekerjaan yang baik setelahlulus kuliah. Namun tidak mudah mendapatkan pekerjaan yang baik di tengahera persaingan yang sangat ketat saat ini, di antara ribuan sarjana baru setiaptahunnya dan lowongan kerja yang terbatas.  Perlu persiapan yang matang danstrategi khusus untuk memperbesar peluang kita lolos dari seleksi tersebut

Berikut beberapa tips dan hal hal yang perlu dipersiapkan sejak  bangku kuliahuntuk  bekal  perjuangan mencari kerja :

1-6 Persiapan Dari Bangku Kuliah

1. Target kan IPK diatas 3 (tiga)..

Salah satu persyaratan dan kriteria seleksi awal dalam penerimaan pegawai disuatu perusahaan biasanyaadlah IPK minimum, ada yang menyaratkan minimal 2,75, banyak pula yang mensyaratkan minimal 3..untuk amannya, jika kalian saat ini masih menjadi mahasiswa, targetkan IPK diatas 3 untukmemperbesar peluang lolos seleksi awal  di suatu perusahaan.

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Berbahasa Inggris adalah hal yang mutlak saat ini, beberapa Perusahaan bahkanmensyaratkan  Nilai TOEFL minimal sebagai salah satu criteria seleksi. Selalu asah kemampuan bahasainggris sejak di bangku sekolah atau kuliah.

Ingatlah bahwa kemampuan berbahasa asing bukanlah sesuat yang Instant, baru mengikuti kursusTOEFL Preparation setelah tamat kuliah dan mengharapkan nilai TOEFL diatas 500 adalah sesuatu yangkonyol.

Jika diperlukan, Ikuti kursus Bahasa Inggris dari bangku sekolah atau kuliah.baik regular, conversationmaupun TOEFL Preparation.  Untuk memperkaya vocabulary  sering sering lah membaca literatureberbahasa inggris, sesekali baca Koran bahasa inggris (The Jakarta Post misalnya),  mengartikan lagulagu berbahasa inggris atau sambil nonton, cermati dialog dalam film film holywood.

Selain sertifikat TOEFL sebagai syarat awal, Beberapa perusahaan  biasanya juga menyelenggarakan testertulis bahasa inggris dan wawancara dalam bahasa inggris.

3.  Kemampuan Komputer

Kemampuan Komputer adalah syarat mutlak lainnya. Program Program Standard Microsoft Officeseperti WordExcel dan Power Point wajib dikuasai dengan baik. Selain itu merupakan nilai plus jikamengusai pula software software pendukung yang umum, seperti  Auto Cad, Corel Draw, Photoshop, Visual Basic, atau yang khusus keteknikkimiaan seperti Hysis atau ChemCAD.

Akan lebih baik jika Curiculum Vitae anda dilengkapi dengan Sertifikat dari lembaga kursus computer .

Ingatlah bahwa, Program Program Komputer selalu berkembang dengan cepat, kita harus dengan cepatjuga menyesuaikan diri, jangan cepat puas jika telah mengusa dan hanya terbiasa dengan office 2003misalnya, sementara versi 2007 dan bahkan 2010 telah beredar.

4 Pengalaman Organisasi.

Perusahaan pada dasarnya adalah suatu organisasi juga, kesuksesan suatu pekerjaan membutuhkansuatu kerjasama team dalam struktur organisasi perusahaan, Oleh karena itu, setiap Perusahaanbiasanya akan memberikan nilai plus kepada calon pekerja nya yang memiliki pengalaman organisasisaat dibangku kuliah.

Pengalaman Organisasi yang dimaksud tidak harus menjadi ketua himpunan, terlibat aktif dalamkepanitiaan acara acara tertentu sudah cukup.

Mencari sponsor untuk suatu kegiatan misalnya, akan melatih kemampuan komunikasi danbernegoisasi  kalian yang akan sangat terasa manfaat nya di dunia kerja nanti.

Dalam Curiculum Vitae cantumkan jabatan yang pernah kalian duduki di suatu organisasi di bangkusekolah atau kuliah dan di saat wawancara jika ditanya jelaskan aktivitas kalian dalam berorganisasi  danperan kalian dalam suatu kegiatan.

Ingat, lebih banyak posisi pekerjaan yang membutuhkan orang yang bisa dan biasa bekerjasama dalamteam, bukan seorang individualis atau kurang bergaul.  Belajar yang rajin dan sering ke perpustakaanitu bagus, tetapi itu saja tidak cukup untuk sukses dalam berkarir.

5. Kemampuan Berkomunikasi.

Tidak semua posisi pekerjaan membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, akan tetapi dalammenghadapi wawancara pekerjaan, kemampuan ini terkadang menjadi kunci diterima atau tidak nyaseseorang oleh tim pewawancara suatu perusahaan. Seorang calon pekerja yang pintar tetapi kurangdapat mengkomunikasikan gagasan gagasan nya atau terlalu gugup saat berhadapan dalam sesiwawancara sehingga lebih banyak terdiam,  tentu akan kalah bersaing dengan calon pekerja lain yangsecara akademik biasa biasa saja, tetapi cerdas dalam berkomunikasi, memilih bahasa yang baik untukmenjelaskan pendapat pendapat nya dan lebih rileks dalam menghadapi suatu sesi wawancara.

Memang ada orang orang yang mempunyai bakat lahir cerdas berkomunikasi, akan tetapi kemampuanini dapat diasah dari bangku sekolah dan kuliah. Aktif berorganisasi adalah salah satunya, selain itumenjadi asisten dosen atau asisten laboratorium atau guru bimbingan belajar secara tidak langsungmembuat kita belajar dan akhirnya terbiasa berbicara di depan umum, menghilangkan rasa canggungdan demam panggung saat berhadapan dengan orang banyak atau forum resmi. Selain itu, hal ini dapatmembuat kita terlatih menuturkan sesuatu secara sistematis.

Untuk Mahasiswa, ayo manfaatkan masa kuliahmu dengan baik, masa masa terindah dalamhidup ini terlalu sayang jika hanya dihabiskan untuk duduk di kelas kemudian pulang..

6. Manfaatkan Waktu Kerja Praktek atau Magang

Kerja Praktek atau Magang merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk merasakan atmosfer duniakerja yang sesungguhnya.  Sedapat mungkin, Pilih tempat Kerja Praktek  di perusahaan yang Bonafide,kemudian dalam waktu yang singkat, selain hal hal teknis yang terkait dengan laporan KerjaPraktek,  cobalah untuk menyelami seluk beluk perusahaan tersebut, terutama pola kerja dan karakterpekerja pekerjanya.

Karyawan disitu adalah orang orang pilihan yang telah lulus seleksi Perusahaan tersebut, denganmemahami karakter dan pola kerja mereka, kalian tentu akan lebih paham, orang dengan kemampuandan karakter seperti apa yang diinginkan oleh suatu perusahaan.

7-12 Setelah Lulus Kuliah

7.Siapkan Surat Lamaran dan Curiculum Vitae Dengan Baik

Tahap pertama dari seleksi masuk suatu perusahaan, biasanya adalah seleksi administrasi.

Bayangkan pekerjaan tim seleksi yang harus menyeleksi ribuan berkas lamaran,  jadi buatlah berkaslamaran kalian menarik dan sesuai dengan yang diminta perusahaan tersebut dalam iklan lowongankerjanya, agar tidak dilempar ke keranjang sampah pada  5 detik pertama..

Hal hal kecil yang tercantum dalam iklan lowongan kerja, harus diperhatikan, seperti : “cantumkan kodeposisi di sudut kanan atas”, nah,  jika kalian lupa mencantumkan posisi atau menempatkan kode posisidi sudut kiri atas,  bisa bisa berkas lamaran kalian tidak akan dproses lebih lanjut.

Begitu pula dengan syarat syarat administrasi lainnya yang diminta dalam iklan lowongan kerja, seperti : , Legalisir Ijazah, sertifikat Tes TOEFL, dan lain lain, urutkan sesuai yang diminta.

kata kuncinya : buatlah pekerjaan tim seleksi menjadi mudah.

Untuk membuat surat lamaran, faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah bahasa,  sebaiknya buat surat Lamaran dalam bahasa inggris, kecuali diminta lain dalam iklan lowongan kerja, perhatikan ejaandan grammar nya, Belilah buku buku yang memuat contoh contoh surat lamaran dan curriculum vitaeuntuk memudahkan…,

Akan tetapi, jangan membuat satu surat lamaran yang sama untuk semua pekerjaan yang ingindilamar, customisasi setiap surat lamaran sesuai dengan Perusahaan dan Posisi yang dilamar, dantunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bekerja dalam surat lamaran tersebut. Misalnyauntuk melamar ke suatu posisi di Perusahaan yang bergerak dibidang LNG  (Liquid Natural Gas), dapatditambahkan kata kata sebagai berikut :

“Even though  I lack experience at the LNG process, I  am sure my educational  background  and myethusiasm will help me succed at this work. Basically, I am very  interested  to learn more about the LNG process as the future source of energy with good prospects.”

8. Cari Informasi Lowongan Kerja Sebanyak banyaknya

Tahap berikutnya adalah beburu informasi Lowongan Pekerjaan, banyak media yang bisa kalianmanfaatkan, : Surat Kabar, Situs Situs Informasi Kerja,Jobs DB,  Mailing List dan Website Alumni, Career Centre di Unviersitas Unviersitas tertentu, Bursa kerja dan lain lain.

Jangan hanya menunggu, pemberi kerja tidak akan datang mengetuk pintu rumahmu untukmenawarkan pekerjaan.  Jika di kota tempat tinggal kalian peluang kerja nya terbatas, cobalah untukmerantau, manfaatkan sanak saudara di kota yang dituju untuk menumpang sementara, atau dapatpula dengan menyewa rumah atau tempat kos bersama teman teman satu almamater..

Hal ini bukan untuk mendorong arus urbanisasi ke Ibu kota, tetapi memang fakta di Indonesia saat ini,sebagian besar peluang kerja ada di kota kota besar, paling tidak kota kota besar tersebut menjaditempat test awal untuk kemudian setelah diterima ditempatkan di kota lain sesuai aktivitas bisnisperusahaan tersebut.

9. Beli Buku Buku Tes Potensi Akademik dan Psikotes

Beberapa jenis test seleksi masuk yang umum di banyak perusahaan antara lain Test Potensi Akademik (TPA) dan Psikotest. Belilah beberapa Buku TPA dan Psikotest tersebut dan berlatihlah.

Bentuk Psikotest yang biasanya di pakai di banyak test masuk perusahaan antara lain : Wartegg Test ,yaitu test melengkapi gambar, ( biasanya ada 8 gembar berupa titik, garis lurus, dan garis lengkunguntuk dilengkapi) , Draw A Men Test – menggambar manusia atau pohon.

Faktor faktor yang dinilai dalam tes  tes gambar semacam ini bukanlah bagus atau tidaknya gambarmelainkan antara lain, imajinasi dan  kreativitas (lebih lengkap mengenai hal ini bisa search di internetatau baca buku buku psikotest)

Kemudian ada juga test Kraeplien/Pauli ,dimana  terdapat sejumlah deretan angka membujur daribawah keatas, anda diminta untuk menjumlahkan dua angka dan menuliskan hasilnya disampingnya,dalam test ini yang diukur antaralain konsentrasi, konsistensi , ketahanan dan ketelitian.  EdwardsPersonel  Preference Schedule (EPPS), berupa tes kepribadian, pilihlah jawaban jawaban yang palingmencerminkan diri anda secara jujur dalam test ini. dan lain lain

Kata kunci nya adalah membiasakan diri dengan bentuk bentuk soal.

Sering berlatih dalam Test Potensi Akademik akan mengasah nalar dan meningkatkan kecepatan dalampengerjaan soal, sementara dalam psikotest, biasanya tidak ada benar salah secera mutlak, testdilaksanakan untuk sedapat mungkin menangkap kepribadian anda, (disesuaikan dengan karakter orangyang dibutuhkan perusahaan pada posisi pekerjaan yang dilamar), akan tetapi dengan terbiasa denganbentuk bentuk soal tersebut, kita menjadi tidak kaget lagi dan dapat mengerjakannya dengan enjoy..

10. Tips Wawancara

Wawancara adalah tahapan yang paling krusial, setelah banyak tahapan test berhasil dilewati, sayangjika anda gagal di wawancara. Dalam suatu sesi wawancara yang biasanya tidak lebih dari 1 jam,pewawancara ingin menggali lebih dalam kemampuan dan kepribadian anda, oleh karena itu tampillahsebaik mungkin, relaks tetapi tetap sopan sehingga dapat dengan lancar menjawab pertanyaanpertanyaan yang diajukan.

Banyak buku yang membahas secara detail mengenai tips wawancara ini, mulai dari penampilan, caraberjalan dari pintu ke tempat duduk, cara duduk dan lain sebagainya, akan tetapi yang paling pentingadalah bagaimana membuat pewawancara yakin, anda lah orang yang tepat untuk mengisiposisi yang ditawarkan, baik dari segi teknis maupun kepribadian.

Beberapa hari sebelum wawancara, pelajarilah mengenai Perusahaan tersebut, Search di Internet Website resmi perusahaan tersebut, jika posisi yang dilamar adalah bidang yang teknis, bukalah kembalibuku buku kuliah, Tugas Akhir, atau  literature literature terkait hal tersebut, memang belum tentusemua yang dipelajari akan ditanyakan, tetapi paling tidak dengan bekal yang cukup, anda akan tampillebih percaya diri saat sesi wawancara.

Jujurlah menjawab pertanyaan pertanyaan umum yang diajukan, yang biasanya ditujukan untukmenggali kepribadian, bersikap wajar, apa adanya dan tidak dibuat buat, serta tunjukkan minat danmotivasi yang tinggi untuk bekerja dan mempelajari hal hal yang baru.  Jika dibagian akhir wawancaraanda diberi kesempatan untuk bertanya, pertanyaan seperti “Jika saya diterima, kapan saya bisa mulaibekerja Pak?” lebih baik dibandingkan “ Berapa nanti gaji saya Pak?”..

Sesi wawancara adalah tahapan test yang paling subjektif, lebih kental unsur like and dislike nya, tetapiitu wajar, coba posisikan anda sebagai pewawancara, dan perkirakan calon pekerja seperti apa yang kirakira layak diterima?,  tentu jawabannya antara lain : orang yang saat wawancara menjawab denganlancar dengan diksi (atau pilhan kata)  yang baik, dibanding yang gugup dan menjawab terbata bata.Kemudian orang yang berkepribadian menyenangkan, tidak kaku dan mudah bekerjasama denganorang lain (tidak ada salahnya sedikit senyum atau tertawa kecil  jika pewawancara anda yang memulai)dan sejenisnya.

11. Jaga Kesehatan dan Kebugaran

Tahap akhir dari rangkaian test penerimaan adalah Test Kesehatan dan kadang juga disertai TestKebugaran (misalnya test lari mengalilingi lapangan bola), untuk itu jangan lupa untuk senantiasamenjaga kesehatan dan kebugaran..

sebagai salah satu panduan, Berikut artikel mengenai : Tips Tips Hidup Sehat dan Bugar Lahir Batin..

12. Berdoa dan Bertawakkal..

Akhir dari semuanya, Manusia tugasnya hanya Berikhtiar atau berusaha semaksimal mungkin, untukhasil nya adalah keputusan Tuhan, untuk itu jangan lupa terus berdoa dan bertawakkal kepada AllahSWT, minta diberikan jalan yang terbaik dalam menjemput Rezki  yang dikaruniakan Nya kepada Kita. (iatekunsri.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s