Tips dan Trik, buat yang baru masuk KULIAH

Dag dig dug door 🙂 Akhirnya aku lulus di kampus idaman ku. ehm..tapi masih bingung nih gimana ya kuliah itu..? Nah bagi adik-adik Peserta Binaan Forum Batasa yang masih bingung seputar dunia perkuliahan. Alangkah baiknya coba deh simak tips di bawah ini. 

  1. Tetapkan tujuan ketika masuk Kuliah mau berapa tahun dan buat landasan yang kuat. Misal untuk 3,5 tahun karena saya ingin membantu orang tua saya dengan mengurangi biaya kuliah selama satu semester ataupun karena saya ingin menjadi dosen.
  2. Usahakan Ip bisa di atas 3, 5 terus, biar bisa ngambil sks dengan batas maksimal, 24 sks.
  3. Kalau ingin lulus 3,5 tahun, ambil 24 sks di semester awal-awal seperti semester 2,3, atau 4. Kalau 5 boleh aja, cuman masih berat. Ambilnya mata kuliah wajib aja, biar ngga ada prasyarat tertentu, seperti etika engineering, K3LL, dan beberapa mata kuliah wajib yang udah terpenuhi persayaratannya. Namun, pastikan kamu ngga mengambil tempat senior atau kakak kelas, biar ngga dianggap MT(makan teman).  Jadi pilih kelas yang longgar kapasitasnya.
  4. Kamu bisa juga ambil SP(semester pendek),  Namun, juga perlu mengorek kocek yang cukup besar juga untuk per sks nya.
  5. Pastikan mata kuliah pilihan yang kamu ambil, karena kamu ‘ingin’ atau ‘memilih’ mata kuliah tersebut. Jangan hanya karena teman, namun kamu ngga suka mata kuliah itu.
  6. Kejar ilmu, jangan hanya kejar nilai. Karena nantinya kamu yang rugi kalau hanya ngejar nilai, dapat A, tapi ompong waktu ditanya.
  7. Nikmati masa kuliah kamu sebelum masuk ke dunia nyata(pekerjaan, dunia pasca kampus). Cara nikmatinya dengan kegiatan positif, misal ikut organisasi (jangan tingkat fakultas aja, tapi tingkat ui juga), ikut olah raga, ukm, nyoba-nyoba ikut lomba, daftar-daftar asisten mahasiswa atau laboratorium, belajar bidang ilmu lain di luar yang kamu gelutin. Hal ini ngga jadi masalah qo, walaupun kamu ingin lulus 3,5 tahun. Jangan pernah berpikir kalau mau lulus 3,5 tahun kamu harus jadi SO (study Oriented) karena terbukti banyak yang ngga SO.
  8. Dapetin kesempatan beasiswa-beasiswa baik untuk pendanaan atau yang ke luar negeri. Cek terus web nya. Kaya mahasiswa.ui.ac.id, international office, dll.
  9. Untuk yang ingin jadi mapres persiapin diri dari semester 1(haha muda banget), maksimal semester 2 lah. Kaya skill bagaimana cara berpresentasi, sertifikat acara atau seminar, sertfikat sebagai pengisi acara, bahasa inggris yang baik, pokoknya perbagus cv sebaik mungkin. Jangan tunggu semester 5 ke atas, bakalan nyesel deh…
  10. Terakhir, jangan takut berbeda dari yang lain. Karena perbedaan inilah yang membuat kamu memiliki keunikan dan mudah dikenali oleh orang lain. Lulus 3,5 tahun bukanlah hal yang jelek, bahkan bisa dibilang baik…karena banyak untungnya, walaupun ada yang bilang toh nanti nyari kerjanya juga sama aja sama yang lulus 4 tahun. Tapi, kamu punya kelebihan kalau kamu orang yang terencana dan bisa memastikan bahwa rencana kamu berhasil(lulus 3,5 tahun).

Semoga bermanfaat. Ini hanya sedikit ilmu yang bisa di sharingkan, ada pepatah bijak keberhasilan terjadi dari 1 kejeniusan dan 99 % ikhtiar (keras dan pintar). oke semangat ya.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s