Tips Hemat Uang Makan untuk Anak Kos

Hidup merantau sebagai anak kos memang menuntut kita mampu mengelola keuangan dengan baik. Dengan kata lain, mahasiswa kos harus bisa berhemat.  Berhemat bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya mengatur pengeluaran uang untuk biaya makan sehari-hari.

Nah, College Cures, Selasa (31/1/2012), berbagi tips agar kamu bisa menghemat uang tetapi tetap bisa menikmati makanan yang kita inginkan.

Buat daftar belanjaan 

Jika kamu terbiasa berbelanja dan masak makanan sendiri, pastikan kamu membuat daftar barang yang kamu butuhkan dan konsistenlah dengan daftar itu.

Ketika berbelanja di supermarket, pergilah ke rak-rak tempat barang-barang dalam daftar belanjaanmu berada. Tidak usah mampir di setiap rak dan lorong supermarket.  Dengan begitu, kamu enggak akan tergoda untuk membeli camilan atau barang lain yang sebenarnya tidak perlu.

Membuat anggaran

Akan lebih mudah jika kamu membuat anggaran bulanan, termasuk untuk pos belanja kebutuhan sehari-hari. Langkah ini akan mencegahmu menghabiskan banyak uang ketika berbelanja.

Caranya, kamu bisa menghitung uang yang kamu keluarkan setiap minggu dan memutuskan jumlah tertentu untuk biaya makan. Bandingkan juga pengeluaranmu ketika makan di rumah makan dan masak sendiri di kos.

Buat juga daftar barang yang kamu perlukan dan yang kamu inginkan. Kemudian, putuskan item apa yang bisa kamu coret dari daftar tersebut.

Manfaatkan scanner harga

Jika kamu berbelanja kebutuhan bulananmu di supermarket besar, enggak ada salahnya untuk memanfaatkan scanner harga yang mereka sediakan. Dengan begitu, kamu akan tahu persis berapa uang yang harus kamu keluarkan sebelum mencapai kasir. Nah, kalau ternyata belanjaanmu melebihi bujet, kami bisa langsung mengurangi barang-barang yang tidak perlu.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas keanggotaan pada pusat perbelanjaan. Fasilitas ini akan berguna ketika toko tersebut memberi diskon pada berbagai item.

Survei harga di berbagai toko

Apabila banyak toko di sekitar kampus dan rumah kosmu, luangkanlah waktu untuk membandingkan harga-harga mereka. Lumayan kan jika kamu bisa berbelanja di toko dengan harga-harga barang lebih murah?

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah:
– Membeli minuman dalam bentuk bubuk ketimbang kemasan botol.
– Membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus.
– Membeli merk toko, misalnya untuk air dan tisu.

(kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s