Tips Menikmati Masa Kuliah

Menjadi seorang mahasiswa akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan masa sekolah. Jet lag atau rasa kaget memasuki dunia baru terkadang membuatmu kesulitan mengikuti proses perkuliahan. Masa kuliah merupakan kesempatan bagimu untuk memperluas jaringan, memperkaya ilmu baik secara akademis maupun soft skill melalui kegiatan berorganisasi, sehingga menjadi bekal ketika kelak memasuki dunia kerja. Maka, jangan sampai kamu tidak menikmati masa kuliah dan melewatkannya begitu saja.

Menurut Collegecures, Selasa (7/2/2012) sedikitnya ada tiga tips yang dapat membantumu merasa bahagia dan menikmati masa perkuliahan. Check this out!

Temukan kesenangan di dalam kelas
– Nikmati kebahagiaanmu sabagai mahasiswa mulai dari tingkat yang sederhana, yakni di dalam kelas. Temukanlah minimal satu teman baru di setiap kelas yang berbeda. Selain menambah koleksi temanmu, mereka dapat menjadi penolong ketika kamu ketinggalan materi kuliah.

– Jangan malu bertanya kepada dosen ketika kamu tidak mengerti materi yang disampaikannya. Jika kamu terlalu malu untuk bertanya di hadapan teman-teman satu kelas, maka manfaatkanlah waktu di luar jam kuliah dengan menemuinya di ruang dosen.

– Menjalin hubungan yang baik dengan teman dan dosen di awal semester akan membangun semangat positif dalam diri untuk melewati semester tersebut.

Menikmati lingkungan kampus
– Tidak perlu merasa khawatir belum mendapatkan teman yang cocok untuk bergaul. Hal ini kerap terjadi kepada mahasiswa baru (maba). Seiring berjalannya waktu, kamu akan segera menemukan teman-teman baru yang dapat menerimamu apa adanya.

– Tidak dimungkiri, hubungan asmara bisa menjadi motivator bagi mahasiswa untuk rajin mengikuti perkuliahan.

– Bergabung dalam sebuah klub atau organisasi kampus merupakan sarana yang tepat untuk mengembangkan diri dan memperluas wawasan.

– Merasa nyaman dengan lingkungan dan kehidupan kampus akan membuatmu bersemangat mengikuti perkuliahan dan selalu menunggu datangnya semester baru. Dengan demikian, kebiasaan bolos juga dapat diminimalisasi.

Menikmati jurusan kuliah yang kamu pilih
– Pilihan jurusan merupakan langkah besar yang kamu ambil karena kamu bertanggungjawab untuk menyelesaikan pendidikan tersebut. Maka, pastikan jurusan yang kamu ambil adalah jurusan yang benar-benar kamu minati. Sehingga ketika mengalami masa tersulit sekalipun, kamu tidak akan mudah merasa menyerah.

– Jika kamu merasa terjebak dengan jurusan yang kamu pilih, belajarlah untuk mencintai jurusan tersebut secara perlahan. Sulit memang, namun selalu tanamkan dalam diri untuk bersyukur karena masih diberikan kesempatan menempuh pendidikan tinggi. Terutama jika kamu berada di universitas favorit yang menjadi idaman banyak orang. (kampusokezone)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s