Cara Memilih Kampus di USA

Jumlah perguruan tinggi yang begitu banyak di USA, membuat pelajar dari luar sangat sulit menentukan kampus yang  sesuai untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh pelajar dari luar Amerika. Hal serupa juga dialami pelajar dari dalam Amerika sendiri. Lantas bagaimana menentukan kampus yang paling sesuai dengan kebutuhan pendidikan dan dana? Berikut tipsnya seperti dikutip dari VOA Blog, Selasa (27/12/2011).

Ada beberapa alat bantu yang bisa membantu mempersempit pencarian kamu. Ada juga beberapa strategi yang dapat membantu memahami semua informasi. Salah satu yang bisa jadi ‘penolong’ adalah situs Princeton Review. Ini merupakan situs yang banyak membantu pelajar di Amerika dalam menemukan perguruan tinggi yang tepat.

Princeton Review memiliki mesin pencari “best fit school”, di mana kamu dapat mempersempit perguruan tinggi berdasarkan karakteristik seperti lokasi, karakteristik kehidupan kampus, dan sebagainya.

Dua situs lainnya yang juga bisa membantu adalah College Board dan Peterson’s, yang memungkinkan kamu mencari dan menyaring perguruan tinggi. College Prowler merupakan situs lain yang bisa kamu gunakan untuk mencari kampus yang mungkin cocok. Media massa Newsweekmenggunakan data dari College Prowler dalam menyusun “Best Colleges for International Students”.

Ada juga situs baru bernama ‘Parchment’ yang akan memprediksi kemungkinan kamu diterima di perguruan tinggi berdasarkan curriculum vitae (CV) yang diajukan.

Selain bantuan melalui situs, beberapa alat bantu yang juga dapat digunakan sebagai pertimbangan memilih perguruan tinggi di Amerika ialah dengan mencari dan menemukan beberapa hal yang sangat penting, seperti adanya bantuan keuangan dan kondisi kota, atau program bisnis yang bagus dan jumlah mahasiswa internasional, dan lain-lain. Kemudian, temukan beberapa perguruan tinggi yang sesuai dengan kriteria yang telah dibuat.

Menurut pengalaman beberapa mahasiswa asing yang kuliah di Amerika, beberapa strategi yang digunakan dalam memilih perguruan tinggi adalah memilih kampus berdasarkan jumlah teman yang kuliah di tempat yang sama, hanya memilih perguruan tinggi di kota yang spesifik, dan menggunakan data spreadsheet yang kemudian membuat rangking berdasarkan pilihan mereka. (infoakademika.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s