Tips Beli Laptop dan Beli Komputer | Buat Mahasiswa dan Umum

Dalam hal perdagangan alias jual beli barang elektronik, saran dan tips beli laptop notebook dan beli komputer sangat membantu untuk mendapatkan apa yang sebenarnya kita mau. Wajar bila pekerjaan akan memerlukan fasilitas untuk membantu entah kinerja, belajar mengajar atau bisnis usaha desain dsb. Banyak kegunaannya, seperti alat tulis menulis, buku panduan, email, blog, dan lain sebagainya. Di beberapa bidang kita memerlukan kehadiran device seperti komputer dan printer. Alat elektronik ini banyak difungsikan untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan dengan cara manual, misalnya resume buku, mendesain digital, lihat tutorial online, mencari video tutorial, membuat chart, pengerjaan tugas akhir, skipsi, disertasi, makalah dan lain sebagainya.

Artikel ini saya tujukan bagi mereka yang memulai bisnis desain, memulai usaha desain, mahasiswa dan para netter.

Ada yang menggunakan komputer sebagai alat utama dalam mengerjakan tugas dan kehidupan kuliahnya, seperti jurusan teknik informatika, design grafis dan jurusan lain yang berkenaan dengan dunia komputer. Ada pula yang menggunakan komputer sebgai alat bantu kerja, malah beberapa orang bisa mencari uang dengan fasilitas ini. Mahasiswa baru dan profesional muda, adalah entitas yang paling gamang dalam menyoal urusan dunia komputer, maklum masih baru di bidang ini. Yang tentu saja mengaplikasikan komputer sudah banyak yang bisa, namun berbeda urusannya jika mengerti cara membeli ataupun mengetahui komputer, laptop, atau notebook yang bagus.

Nah, dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana mengetahui komputer, laptop, atau pc yang baik tersebut. Begitu pula cara membeli alat elektorik ini agar tidak terbelenggu oleh ulah nakal para penjual yang memanfaatkan keadaan.

  • Kriteria pc dan komputer yang baik :

1. Sesuai dengan tuntutan pekerjaan

1a. Netter
PC Desktop yang dibutuhkan untuk orang yang menggunakan komputer sebagai media berselancar di internet adalah memiliki spesifikasi yang rendah dengan media koneksi yang baik. biasanya prosesor yang digunakan adalah intel pentium II atau III atau yang setara dengan media koneksi yang terhubung dengan PCI yang ada pada mainboard.

1b. officer
Untuk pekerjaan kantor pada penggunaan ms Word dan sejenisnya dibutuhkan komputer dengan prosesor intel pentium III atau intel pentium IV atau yang setara. Memory yang memadai untuk pekerjaan ini adalah sebesar 512MB.

1c. programmer
Seorang programer membutuhkan komputer dengan komputasi yang baik. Sehingga diperlukan komputer dengan prosesor minimum intel Core2Duo 2Ghz atau yang setara. Memory minimum yang dibutuhkan adalah memory dual chanel 2 x 1GB.

1d. Gammer n Designer
Seorang gammer dan designer membutuhkan komputer dengan prosesor minimum intel core2duo 2Ghz atau setara. memory minimum adalah memory dual chanel 2 x 1GB. Perlu diperhatikan VGA yang dibutuhkan seorang Designer adalah VGA pixel proses baik yang biasa di susung oleh chipset ATI Radeon. Sedangkan untuk game membutuhkan VGA yang memiliki frame per second yang tinggi yang biasa disusung oleh chipset NVidia.

Laptop model ini sangat dibutuhkan oleh para pengusaha atau orang yang memulai bisnis bidang desain begitu pula dengan studio foto rumahan dan studio fotografi mini. Komputer dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan oleh kalangan ini, akan sangat merepotkan pada saat proses kreatif desain sedang berlangsung namun komputer atau latptop tidak mendukung.

1e. Multimedia
Untuk keperluan multimedia, dibutuhkan prosesor kelas medium seperti intel core duo 1,8Ghz atau yang setara. Memory minimum yang disarankan adalah 1GB. dengan VGA yang memiliki chipset ATI. ukuran monitor/LCD yang besar, minim 17Inchi wide. Lebih disarankan menggunakan LCD daripada monitor. Tidak lupa dilengkapi dengan fasilitas speaker yang baik misal speaker yang memiliki subwoofer.

2. Tidak Cepat Panas

Suhu akan mempengaruhi kinerja komputer. Sehingga perlu diperhatikan dari kinerja kipas dari komputer. Bila diperlukan gunakan water cooling sebagai solusi meminimalisasi panas. Untuk pengggunaan water cooling perlu diperhatikan untuk penggantian selang secara berkala untuk menjaga kondisi selang tidak bocor.

3. Garansi Baik

Perlu diperhatikan untuk garansi, terdapat 2 jenis garansi umum yang ada. Pertama adalah garansi replace, biasanya 3 bulan dari pembelian, yaitu garansi yang memberikan pelayanan penukaran/penggantian part/notebook secara keseluruhan tanpa biasa tambahan dengan syarat kondisi dan ketentuan yang berlaku. Kedua adalah garansi service, biasanya 1Th atau lebih, yaitu garansi yang memberikan pelayanan perbaikan pada notebook secara gratis, namun bila terjadi penggantian part maka akan menjadi tanggunggan konsumen.

4. Fasilitas tambahan

Ada beberapa fasilitas tambahan yang dibawa oleh PC Desktop. yang sering diberikan adalah CPU Heat detector, deteksi panas CPU dan CPU fan control, yaitu control yang mengatur kecepatan kipas CPU tergantung dari suhu CPU pada saat itu.

  • Kriteria laptop dan notebook yang baik :

1. Sesuai dengan tuntutan pekerjaan

1a. Netter
Seorang netter atau orang yang menggunakan notebook untuk berselancar di internet. Cukup memiliki notebook dengan spesifikasi rendah. biasanya produsen sudah memberikan paket notebook khusus netter dengan nama NetBook. biasanya netbook ini memiliki spesifikasi penggunaan prosesor Intel Atom atau prosesor lain yang setara. Yang dimana pada netbook lebih menekankan pada koneksifitas dan mobile. koneksifitas yang dimaksud adalah sudah terintegrasinya WiFi pada jenis ini. mobile yang dimaksud adalah hanya memiliki ukuran berkisar pada 8-10 inchi. untuk ukuran memory biasanya pada netbook sudah terintegrasi secara onboard sebesar 1GB.

Untuk VGA pada netbook biasanya sudah terintegrasi VGA onboard standart yang biasanya memiliki kapasitas standart sesuai dengan sistem operasi yang dibawanya. Perlu diperhatikan pada penggunaan media penyimpanan. Bila menggunakan Harddisk berjenis SATA maka kekuatan aktif tanpa kabel power berkisar pada 3-4 jam. namun bila menggunakan media penyimpanan SSD(coba kmu cari ini salah apa bener namanya) card maka kekuatan aktif tanpa kabel power menjadi meningkat berkisar pada 6jam.

1b. officer
seorang officer atau orang yang menggunakan notebook sebagai alat untuk mengerjakan perkerjaan kantor Ms Word atau Excel hanya membutuhkan notebook dengan spesifikasi rendah namun memiliki ukuran layar yang cukup besar, misal 14 inchi. adapun spefikasi prosesor yang dibutuhkan berkisaran pada Intel Celeron M atau Intel Pentium M atau prosesor dengan kemampuan yang setara. untuk ukuran memory yang digunakan biasanya berkisar pada 256MB – 512MB. untuk VGA sendiri biasanya berupa VGA onboard standart dengan kapasitas 64MB-128MB.

1c. programmer
seorang programer membutuhkan notebook dengan kinerja tinggi. adapun kisaran prosesor yang digunakan adalah intel core2duo 2Ghz atau yang setara. memory juga menjadi hal yang penting, sehingga minimum memory yang diperlukan adalah 2GB. dan sangat diharapkan memory bekerja secara dual chanel (2 x 1GB). untuk VGA bukan menjadi hal yang penting pada pekerjaan ini sehingga dapat dipilih notebook dengan VGA onboard standart dengan kapasitas 128MB – 256MB.

1d. Gammer n Designer
seorang gammer dan designer membutuhkan notebook dengan kinerja tinggi dan grafis yang baik. sehingga kisaran prosesor yang digunakan adalah intel core2duo 2Ghz atau yang setara. memory pun sebaiknya menggunakan memory sebesar 2Gb yang bekerja secara dual chanel (2 x 1GB). untuk VGA diharapkan mencari VGA onboard yang memiliki Chipset nVidia atau ATIRadeon dengan memory terintegrasi sehingga tidak mengganggu kinerja prosesor dan memory utama. sebenarnya untuk pekerjaan ini akan lebih maksimal bisa dilakukan pada PC Desktop.

2. Tidak Cepat Panas

Suhu akan mempengaruhi kinerja notebook. sehingga perlu diperhatikan dari kinerja kipas dari notebook. bila diperlukan gunakan kipas tambahan yang biasanya menggunakan USB sebagai sumber powernya. bila menggunakan kipas tambahan bearti mengurangi waktu aktif dari notebook bila tanpa terhubung sumber power.

3. Garansi Baik

perlu diperhatikan untuk garansi, terdapat 2 jenis garansi umum yang ada. pertama adalah garansi replace, biasanya 3 bulan dari pembelian, yaitu garansi yang memberikan pelayanan penukaran/penggantian part/notebook secara keseluruhan tanpa biasa tambahan dengan syarat kondisi dan ketentuan yang berlaku. kedua adalah garansi service, biasanya 1Th atau lebih, yaitu garansi yang memberikan pelayanan perbaikan pada notebook secara gratis, namun bila terjadi penggantian part maka akan menjadi tanggunggan konsumen.

4. Fasilitas tambahan

perlu diperhatikan fasilitas2 tambahan yang dibawa oleh notebook. pertama, kamera digital dengan kemampuan berkisar pada 1,3Mega pixel. kedua, finger print yang biasa digunakan sebagai user login. kemudian, upgradeable. pada upgradeable biasanya yang biasa diupgrade adalah prosesor, memory dan VGA.

5. Jangan Terpedaya Merk

Banyak yang mengira bahwa merk branded adalah yang tidak punya masalah. Tidak gampang rusak. Tapi ini sebenarnya pola pikir kita saja yang agak ‘bermasalah’. Contoh riil merk x sangat lama proses perbaikannya (hampir 3 bulan) sementara merk non branded cuma satu minggu. Wah, jauh banget. Saya punya pengalaman malah ada yang sampek dikirm ke jepang untuk proses perbaikan (maklum masih belum ada yang bisa menangani di Indonesia).

Setiap merk mempunyai citra mereka masing -masing. Tidak bisa kita mengatakan baik, begitu saja setelah orang lain mengatakannya. Kita perlu cari tahu apakah memang itu telah sesuai dengan kriteria yang kita ajukan.

Nah, ini lagi. Sorry sebut merk, Saya memakai Axioo Zetta. Satu bulan saya nyalakan, tanpa mati sedetikpun. Untuk ngegame, internetan, membuat artikel buku dan banyak lagi (pastinya download). Tidak ada masalah sedikit pun. Saya juga punya beberapa laptop lain, yang branded. Tapi baru satu minggu saya pakai tanpa mati, eh dianya keok. Entah mengapa. Nah, ini mungkin menjadi salah satu bukti bahwa merk bukan lagi menjadi jaminan, apalagi dengan adanya penambahan jasa yang dinamakan ‘pelayanan’. Dan biasanya merk branded agak jual mahal, sementara yang non branded berani memberi harga lebih miring dengan fasilitas sangat berlebih.

6. Upgradeable

Maksudnya, apakah Anda suka yang DIY (Do it yourself) yang semuanya Anda sendiri yang mengaturnya. Seperti vga, cpu, motherboard, memory dan lain sebagainya. Ini menjadi penting ketika Anda membutuhkan penambahan fasilitas atau peningkatan kinerja tanpa beli komputer atau laptop baru. Ada juga beberapa merk yang menawarkan penambahan VGA upgradable yang berarti kita bisa meningkatkan kinerja laptop atau komputer tersebut tanpa beli lagi yang baru. Yang jelas teramat banyak yang tidak menyediakan upgradable, yang mencoba memojokkan pada konsumen untuk membeli dan membeli lagi (bisnis gitu).

7. Driver

Hampir mirip dengan upgradeable, namun ini di sisi softwarenya, sementara pada point 6 saya mengungkap tentang hardwarenya. Nah, update driver ini perlu dilakukan untuk proses pembaharuan dan penambahan pengenalan pada hardware baru. Contoh saya beli laptop dengan USB 1.1 sementara sekarang banyak flasdisk dan piranti hardware  menggunakan USB 2.2 yang berarti tidak akan terbaca jika tidak ada drivernya.

Ada juga yang mengatakan bahwa meng-update drver akan meminimalkan resiko rusak dan terjangkitnya beberapa virus komputer. Nah, jika ada website resmi yang menyediakan update driver dengan penyesuaian OS juga maka itu merupakan nilai tambah. Semisal Anda menginginkan menginstal OS Linux, maka akan lebih baik menggunakan merk yang branded khusus linux yang biasanya (seperti ubuntu), perusahaan pembuat OSnya menentukan beberapa jenis laptop tertentu agar OS mereka bisa berjalan sempurna pada laptop tersebut.

Hiks, punya saya untuk instal ubuntu masih gak bisa sempurna (terutama tampilan transformasi best ) karena tidak support drivernya, terpaksa deh menggunakan laptop yang satunya.

  • Cara membeli komputer dan sejenisnya

1. Pastikan anda telah menetukan fasilitas yang wajib ada dalam komputer atau laptop dan sejenisnya

Seperti tulisan saya di atas, Fasilitas sangat mempengaruhi kinerja koputer dan pengerjaan tugas anda menggunakan alat elektronik tersebut.

2. Upayakan untuk mencari artikel terkait

Biasanya pencarian adalah berupa tipe dan harga serta toko penyedia seperti di http://www.manggaduakomputer.com, http://www.bhinneka.com, http://www.nusantara-computer.com, komputermalang.com dan sebagainya. Perbandingan harga tentu pasti menjadi topik utama dalam hal ini. Anda juga bisa mengakses kaskus untuk membeli dengan cara dan triknya sudah saya tulis disini. Harga akan lebuh baik jika berupa dollar karena naik turunnya harga sangat dipengaruhi nilai kurs dollar dan akan sangat menguntungkan jika rupiah menguat.

3. Cari toko yang bonafid

Toko yang baik biasanya akan memberikan kemudahan kepada calon pembelinya. Bisa berupa harga yang murah, garansi replacement, garansi yang cukup lama 2 tahun misalnya, atau cash back bila berkeinginan dijual kembali. Selain daripada itu, membeli di toko terpecaya untuk membeli alat elektronik biasanya ditandai dengan tempat dan barang dagangannya. Tempat yang jauh dari keramaian akan membuat harga lebih murah ( biasanya tak kena pajak ), Barang dagangan yang banyak dan sesuai dengan bidanganya akan menambah murah dan mudah, ini dikarenakan payment distributor lebih murah dengan fasilitas tambahan dari penyuplai barang

4. Perhatikan betul garansi

Garansi ada beberapa tipe dan manfaat. Tipe garansi seperti garansi replace, garansi perawataa, garansi
reperasi, garansi tukar tambah, garansi retur, garansi tukar tambah dan lain-lain, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Manfaat garansi akan terasa ketika kita menghadapi problem setelah membeli. Garansi dengan jangka waktu yang lama ( lebih dari 2 tahun ) tentu akan sangat membantu. Saya, melihat sendiri beberapa laptop yang diperjual belikan lebih murah (lebih murah 700rb- 1.5 juta), dan diakali supaya terlihat mirip bergaransi.

Maksud saya adalah, garansi resmi beda dengan garansi distributor ataupun garansi toko.

5. Manfaatkan koneksi

Koneksi tentu mempengaruhi hampir di segala aspek kehidupan kita kaya’ KKN gitu. Jika anda mengenal distributor atau penyuplai barang elektronik akan sangat menguntungkan. Biaya akan cenderung murah dan ada saran secara pribadi oleh orang tersebut. Begitu pula koneksi yang mengenal dunia komputer akan membantu Anda dalam pencarian toko ataupun kriteria komputer yang bagus, sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Khusus beli bekas

JIka Anda ingin membeli barang elektronik bekas, saya menyarankan untuk mengases situs bekas.com, barang yang disediakan disini sangat banyak sesuai dengan pasokan orang jualan disana. Sekedar info, cara membeli di bekas.com disukai banyak orang karena aksesnya yang cepat. Perlu diperhatikan, cara membeli secara online mirip dengan cara membeli di kaskus. Wajib hukumnya untuk bertemu secara langsung di dunia nyata dengan menkontak ym atau handphone penjual.

7. Sistem penjualan kredit

Jika sistem penjualan kredit, upayakan untuk mencari bunga menurun. Artinya Anda akan ditentukan sejumlah uang minimal untuk mebayar perbulannya dan anda tidak dibatasi maksimal jumlah angsuran. Sehingga jika Anda mempunyai banyak uang pada bulan ke-x anda bisa menutup angsuran kapan saja Anda mempunyai uang berlebih. Untuk kredita lainnya, akan terasa seperti kredit di BAF atau lainnya ( angsuran tetap, berimbas waktu pelunasan ditentukan).

8. Beli Online

Untuk membeli online sangat perlu berhati-hati. Pilih saja toko online yang benar-benar trusted. Seperti dikaskus, akan ada orang yang merekomendasikan id tertentu. Komunitas sangat membantu untuk hal ini.

Nah untuk penelitian atau cari tahu apa yang ada pada tips ini gunakanlah google dengan beberapa kata kunci terkait. Misal untuk masalah ‘garansi’ pada merk ‘toshiba’ maka ketik ‘masa garansi toshiba tipe xxx’ dan sebagainya. Akan lebih baik jika saya juga memberikan daftar situs yang terkait bukan :

  1. Toshiba
  2. Acer
  3. Axioo
  4. Macintos
  5. Hp
  6. Lenovo
  7. Asus
  8. Fujitsu
  9. Sony

Biasanya saya banding harga secara online dulu semisal di bhinneka, beli laptop, anugrah pratama, pcnusantara dan warungnotebook. Kata kunci murah adalah hal yang paling saya hindari, pelayanan adalah kata kunci yang paling saya cari. Semisal OK, udah dapat tipe, merk dan harga saya akan beli Online atau Beli di Toko terdekat (pastinya saya sudah punya referensi harga, biar gak tertipu). Biasanya toko akan meningkatkan harga jualnya sekitar 200ribu sampai satu juta dari harga online. Tawar saja dan beri penjelasan apa yang saya dapat di Online, bila tidak cocok segeralah hengkang cari tempat lain. (ahlidesain.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s