Tips untuk Sarjana Mencari Kerja

 

Anda seorang yang sudah bergelar Sarjana tetapi masih kesulitan mencari kerja? Sabar, Anda memang harus ekstra sabar dan tetap semangat, karena jaman seperti sekarang ini, memang sedang sulit di mana terjadi ketidakseimbangan antara pencari kerja, sarjana dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Gelar sarjana saat ini bukanlah sebuah kepastian jaminan Anda akan cepat mendapatkan pekerjaan dan berkarir. Hal ini juga dialami oleh jutaan sarjana yang baru atau sudah lama lulus kuliah. Jadi Anda tidak perlu berkecil hati. Banyak cara dan tips untuk Anda yang Sarjana tetapi masih belum bekerja selayaknya.

Apa saja tips untuk Sarjana mencari pekerjaan? Beberapa alternatif jalan adalah menambah skill atau keterampilan di samping kemampuan Sarjana Anda, atau dengan melanjutkan studi ke jenjang berikunya seperti S2, S3 dan lainnya. Bukan suatu hal baru jika saat ini persaingan kerja dialami oleh seorang Sarjana S1, karena mereka harus bersaing dengan lulusan S2 juga. Dan juga jika Anda tidak memiliki keterampilan khusus yang sangat spesifik. Misalnya Anda seorang programmer, seorang analist keuangan atau seorang penelitian wisata dan sebagainya.

Berikut ini teman kampus sebelah memberikan sedikit pencerahan atau tips bagi Anda yang seorang Sarjana dan bingung mencari kerja atau melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, seperti S2, S3 atau kursus keahlian atau keterampilan. Sebenarnya di blog temankampus.com ini juga sudah ditampilkan beberapa artikel beasiswa bagi Anda yang sedang mencari beasiswa untuk menutupi kekurangan dana melanjutkan kuliah berikutnya.

Tips Sarjana setelah lulus ini diberikan oleh Agnes Chang yang dikutip dari laman Aquila Asia semoga bermanfaat :

1. Perhatikan Syarat masuk S2
Adalah hal lumrah jika setiap universitas atau tempat kursus keahlian menuntut persyaratan tertentu. Tetapi biasanya, harus sesuai dengan jurusan kita saat kuliah S1.
“Seorang sarjana seni tidak disarankan mengajukan magister ke jurusan Sains, tetapi bisa saja ada pengecualian jika dia memiliki pengalaman kerja di bidang sains,” kutip Agnes.

2. Bedakan antara Penelitian atau Kursus Keahlian.
Membedakan seperti apa jenis tugas dari kursus keahlian dan penelitian, teman kampus tentu memahami untuk melanjutkan gelar master, teman kampus perlu memiliki nilai bagus dan menyertakan proposal penelitian sebelum mendaftar. Bedakan untuk kursus keahlian, tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar, namun tidak ada salahnya menyiapkan aplikasi yang menarik.

3. Lengkapi surat-surat pendukung seperti surat rekomendasi
Surat rekomendasi sangat penting, seperti dari jaringan akademik dan para professional (jika teman kampus sudah pernah bekerja sebelumnya). Calon mahasiswa ataupun kandidat kursus keahlian dengan keinginan dan motivasi kuat, serta semangat dalam disiplin ilmu yang dia geluti, memiliki kesempatan yang lebih besar daripada kandidat yang biasa-biasa saja.

4. Menyiasati Keuangan
Untuk menutupi biaya kuliah master ataupun kursus keahlian. Jika tidak memungkinkan, carilah beasiswa, baik beasiswa penuh atau beasiswa tambahan saja. Tentunya beasiswa bisa teman kampus peroleh jika teman kampus memiliki jejak rekam nilai yang luar biasa pada nilai-nilai kuliah atau saat teman kampus bekerja.

5. Bersiaplah menjadi Wirausahawan !
Poin terakhir tips untuk Sarjana mencari pekerjaan ini adalah bukan yang terakhir, artinya bukanlah hal yang menjadi solusi terakhir. Karena seorang sarjana seharusnya adalah seseorang yang telah dapat berfikir sistematis, solutif dan kreatif. Anda tidak bisa menyerah begitu saja kepada keadaan. Justru Anda karena seorang sarjana itu, Anda harus bisa memberikan jawaban atas tantangan jaman ini. Berfikirlah unutk berusaha mandir, menjadi seorang wirausaha. Mulailah dari hal yang kecil, awali dengan modal kecil, tetapi Anda tetap harus memiliki visi ke depan.(temankampus.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s