Leadership Talk 2012: Inspirasi untuk Indonesia

Acara talkshow bertemakan kepemimpinan digagas oleh Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB pada Sabtu (18/02/12). Acara yang bertema “Kepemimpinan yang Membangun Titik Temu” ini mengundang beberapa tokoh seperti Presiden General Electrics Indonesia Handry Satriago, Direktur Urbane Indonesia Ridwan Kamil, AnggotaDPR RI Kemal A. Stamboel, penulis buku “Sukseskan Mudamu!” Muhammad Ihsan, dan  Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Pada sambutannya, Kepala Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB Brian Yuliarto, Ph.D menyampaikan bahwa mahasiswa harus tanggap terhadap isu-isu terkini sehingga ilmu yang didapatkan di kampus dapat diterapkan ke masyarakat. “Leadership Talk 2012 bertujuan untuk menebarkan inspirasi kepada mahasiswa dan juga masyarakat untuk berkarya dan tidak terus menerus mengeluhkan keadaan,” ungkap Muhammad Hanif (Teknik Geofisika 2009), Ketua Pelaksana Leadership Talk 2012.

Pada sesi pertama Muhammad Ihsan berbagi kisah sukses para mahasiswa berprestasi sebagai highlight dari bukunya bersama Fajrin Rasyid (Teknik Informatika 2004), peraih IPK 4 dan Acmad Zaky (Teknik Informatika 2004) peraih cum laude. Pada sesi selanjutnya Kemal Stamboel berbagi pengalamannya saat 25 tahun berkarir di sektor privat sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Sesi ketiga, Handry Satriago berbagi strategi sukses di era persaingan global ini. “Hanya orang-orang yang berbeda yang nantinya tetap dapat bertahan dan dikenang, tentunya berbeda dalam hal yang baik,” ujar Handry. Ridwan Kamil dalam “Pemuda Kreatif Kontributif” mengungkapkan bahwa kolaborasi sangat penting untuk mengembangkan Indonesia.

Catatan Dahlan Iskan

Acara diakhiri oleh closing speech oleh Dahlan Iskan. Pada video speech-nya, Dahlan Iskan menyampaikan bahwa mahasiswa jangan terlalu sering diberi ceramah ataupun meminta ceramah. Selain itu mantan Direktur Jawa Pos ini juga berbagi prinsipnya, “setiap generasi punya zamannya sendiri dan setiap zaman punya generasinya sendiri karena masing-masing generasi hidup di era yang berbeda dengan tantangan yang berbeda.”

Di akhir pidatonya, Dahlan juga berpesan kepada para mahasiswa untuk mendalami persoalan yang ada, belajar, dan terjun langsung karena belajar hanya bisa membuat orang to know tetapi bila terjun bekerja langsung bisa membuat orang to do.

Leadership Project awali Leadership Talk

Leadership Talk merupakan rangkaian acara yang diawali dengan penggagasan leadership project oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Leadership project ini merupakan program pemberdayaan pemuda dan mahasiswa untuk menyelasaikan permasalahan yang ada di masyarakat

Beberapa leadership project yang digagas PPSDMS tersebut diantaranya Bandung Bersih, Future Leaders for Anti Corruption (FLAC), Kolam Impian, Laskar Galuga, Rumah Terampil, dan lain-lain. Program yang digagas oleh PPSDMS ini berhasil menarik minat para peserta Leadership Talk untuk ikut serta dalam aksi kontributif tersebut. (ITB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s