Manfaat Magang Kerja versi Menakertrans

Setiap tahun, pemerintah menggalakkan program magang kerja di berbagai perusahaan. Salah satunya adalah pemagangan kerja ribuan orang di puluhan perusahaan di Jepang. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menjelaskan, manfaat program pemagangan bakal dirasakan tiga pihak, yakni perusahaan, lembaga pelatihan, dan peserta pelatihan.

Bagi perusahaan, mereka bisa mengenal kualitas dan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan. Sedangkan pihak lembaga pelatihan dapat memberikan kepuasan karena lulusannya lebih terjamin memiliki bekal standar kompetensi yang memadai.

“Manfaat utama yang bakal dirasakan peserta program pemagangan di dalam dan luar negeri dapat mendorong untuk meningkatkan kompetensi kerja yang profesional pada tingkat lebih tinggi dalam persaingan SDM di era globalisasi ini,” kata Muhaimin di Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Muhaimin berjanji untuk senantiasa mempromosikan dan mengintensifkan pelaksanaan program pemagangan di perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri.

“Program pemagangan ini dinilai mampu meningkatkan sumber daya manusia, menambah wawasan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kerja sehingga mudah diserap pasar kerja,”ujarnya.

Selain itu, Muhaimin mengatakan, peran pemagangan sangat penting, tidak semata-mata untuk peningkatan kualitas tenaga kerja, tetapi juga dapat mendorong perusahaan-perusahaan agar meningkatkan produktivitas usahanya melalui ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kompetensi yang mereka butuhkan.

“Program pemagangan dapat membantu tenaga kerja secara cepat terserap di pasar kerja. Sebab, program pemagangan memberikan   keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Peserta magang juga mendapatkan pengalaman kerja dengan berbagai kondisi ketenagakerjaan di perusahaan kepada para tenaga kerja,” terang Muhaimin.

Berdasarkan data Kemenakertrans, Pemagangan dalam negeri telah dilaksanakan melalui dekonsentrasi yang tersebar di 31 provinsi. Pada 2011 tercatat 10 ribu tenaga kerja yang telah dimagangkan. Sedangkan program pemagangan dalam negeri yang dilaksanakan sendiri oleh perusahaan (Pemagangan Mandiri) tercatat melibatkan 10.526 orang.

Pemagangan mandiri dilaksanakan beberapa perusahaan yaitu Bank BCA, PT. Krakatau Steel, MC Donald, PT. Hexindo, Carrefoure, Bank Danamon serta masih banyak lagi perusahaan yang telah melaksanakan program pemagangan.

Menakertrans Muhaimin Iskandar menambahkan, program pemagangan menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah pengangguran. Program pemagangan pun menjadi titik awal untuk membuka lapangan kerja baru melalui wirausaha mandiri.

“Eks peserta magang memang langsung diminati perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri, terutama industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan,” jelas Muhaimin.

Namun, tambah Muhaimin, eks magang dapat lebih memilih untuk  membuka usaha sendiri secara mandiri atau berwirausaha, sesuai dengan bakat, kemampuan dan ilmu yang dipelajari selama magang di perusahaan dalam dan luar negeri. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s