Unpad Selenggarakan Program Kuliah Online Terintegrasi

 Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad, Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti meresmikan Program Kuliah Online Terintegrasi di lingkungan Unpad. Peresmian dilakukan  di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Selasa (28/02). Acara peresmian ini juga dapat disaksikan secara live streaming dihttp://streaming.unpad.ac.id/ dan melalui video conference dengan sejumlah dosen dan mahasiswa Unpad di Bale Rumawat Padjadjaran, kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung.

Dekan FEB Unpad, Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, S.E., M.Si., yang mengisi kuliah online terintegrasi perdana di Bale Rumawat Kampus Unpad Bandung berkomunikasi dengan PR I Unpad, Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti, yang berada di Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

“Mulai semester ini, mata kuliah-mata kuliah yang diberikan di berbagai fakultas akan diberikan secara terintegrasi. Tentu program ini sejalan dengan program besar Unpad, yaitu melaksanakan dan memanfaatkan teknologi informasi. Registrasi onlinebeberapa waktu lalu alhamdulillah telah berhasil, hal berikutnya yang kita lakukan adalah mengadakan kuliahonline secara terintegrasi,” tutur Prof. Husein saat menyampaikan sambutannya.

Di Unpad, ada beberapa mata kuliah yang harus dipelajari oleh para mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) yang berbeda. Dengan demikian, tujuan dilaksanakannya program Kuliah Online Terintegrasi di lingkungan Unpad adalah untuk efisiensi dan meningkatkan kualitas. Misalnya mata kuliah Pengantar Ilmu Manajemen yang dipelajari oleh mahasiswa dari sejumlah program studi. Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, maka Unpad melibatkan dosen yang mempelajari bidang tersebut sebagai bidang utama, untuk selanjutnya masing-masing Prodi menyesuaikan dengan bidang ilmunya masing-masing.

“Ini akan terus dikembangkan. Tujuan akhirnya tentu kita ingin menciptakan lulusan yang berkualitas di semua strata dan program studi,” ungkap Prof. Husein.

Senada dengan Prof. Husein, Ketua e-Learning Unpad, Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si. dalam sambutannya juga mengatakan bahwa di Unpad ada beberapa mata kuliah yang bersinggungan. Dengan demikian, integrasi perlu dilakukan agar kegiatan perkuliahan lebih efisien. Selain itu, kuliah onlne juga membuat belajar menjadi mudah dan menyenangkan, walaupun kuliah tatap muka masih perlu untuk dilakukan.

Foto-foto oleh: Tedi yusup (Humas Unpad)*

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan kuliah online terintegrasi perdana mata kuliah Pengantar Ilmu Manajemen oleh dosen yang juga Dekan FEB Unpad, Prof. Ernie Tisnawati S., S.E., M.Si. Perkuliahan diikuti oleh ratusan mahasiswa FEB Unpad di Bale Rumawat Padjadjaran, dan ratusan mahasiswa Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Bale Sawala.

Pada kuliahnya, Prof. Ernie menjelaskan bahwa Manajemen bersifat universal dan sangat dibutuhkan dalam segala bidang. “Bukan hanya FEB saja yang belajar manajemen, ini menunjukkan bahwa manajemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Tidak semua orang bisa menjadi Manajer. Prof. Ernie menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang manajer diperlukan tiga keahlian, yakni conceptual skills, human skills, dantechnical skillsConceptual skills sangat diperlukan bagi mereka yang berada di top management, sementara technical skills sangat diperlukan bagi mereka yang berada dilower-level management. Hal ini berlaku di segala bidang. Pembelajaran technical skillssudah dimulai sejak duduk di bangku kuliah, sementara human skills dan conceptual skillsdigali selama menjalani proses pembelajaran.

Di akhir acara, Santosa Yudha Siswanto, Sp. M.Sc dari tim konten e-Learning Unpad melakukan pengenalan kuliah online di Unpad kepada para mahasiswa yang hadir. Kuliahonline dapat dilakukan dengan mengakses http://www.elearning.unpad.ac.id/kuliahonline/atau juga dapat masuk melalui website Unpad http://www.unpad.ac.id/ lalu klik ikon“E-learning” di bagian bawah halaman depan. Disini, para mahasiswa dapat memanfaatkan dan mengunduh sejumlah file yang berkaitan dengan materi perkuliahan, baik itu dalam format teks maupun video. (unpad.ac.id)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s