21 Lulusan SMA di Jateng Ikuti Seleksi Beasiswa ke Jepang

Sebanyak 21 lulusan SMA dari sejumlah sekolah di Jawa Tengah, Minggu, mengikuti seleksi program beasiswa kuliah di Jepang yang diselenggarakan oleh Indonesia Leadership Awards (ILA) di SMA Negeri 2 Kudus. “Puluhan lulusan SMA/sederajat yang mengikuti seleksi pertama ini berasal dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Kudus, Jepara, Pekalongan, Kendal, Tegal, Magelang, hingga Batang,” kata Kepala SMA Negeri 2 Kudus, M. Zainuri, di Kudus, Minggu (11/3/2012).

Tahun ini, kata dia, terdapat tiga universitas di Jepang yang menjadi mitra program beasiswa ILA, yakni Kyoto University, Nagoya University, dan Tohoku University. “Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa selama menjalani pendidikan di tiga universitas tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Zainuri, roses seleksi secara nasional akan dilakukan di enam tempat, yakni di Jakarta, Kudus, Sumbawa, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Untuk proses seleksi di Kabupaten Kudus, dilaksanakan di SMAN 2 Kudus.

Meskipun semua siswa berprestasi di Kudus memiliki kesempatan yang sama lulusan dari luar kota, kata dia, peserta dari Kudus ternyata tidak banyak.

Dikatakannya pula, biaya yang diberikan selama pendidikan totalnya bisa mencapai Rp 11 juta per bulan. Adapun perinciannya, Rp 8,3 juta dari ILA dan Rp 2,7 juta merupakan beasiswa dari universitas yang ditempati.

Adapun biaya makan setiap harinya, bisa mencapai Rp 150 ribu per hari. Dan, nantinya akan ditambah biaya tiket pulang pergi setiap tahunnya, ujarnya.

Program studi yang ditawarkan untuk kelompok A terdiri atas teknik sipil di Kyoto University, teknik mesin dan aerospace di Tohoku University, dan fisika/fisika aplikasi di Nagoya University.

Untuk kelompok B jurusan kimia/kimia terapan dan biologi/biologi terapan di Nagoya University, kimia material/moleculer, dan biologi kelautan di Tohoku University.

Zainuri menjelaskan tahapan seleksi meliputi tiga tahap, sedangkan tahap kedua berupa seleksi “test of english foreign language” (Toefl), dan seleksi terakhir dilakukan oleh universitas terkait.

Salah satu peserta yang lolos pada seleksi program beasiswa tahun sebelumnya, Gerry Tri Satya Daru yang merupakan siswa lulusan SMAN 1 Kudus mengatakan bahwa dirinya pada 1 April 2012 akan berangkat ke Kyoto University.

“Saya berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa di Kyoto University untuk jurusan teknik sipil,” ujarnya.

Ia mengaku mengikuti seleksi beasiswa kuliah di Jepang tersebut atas keinginan pribadi meskipun sebelumnya sudah lolos seleksi di sebuah pendidikan terkenal di Tanah Air.

“Akan tetapi, saya lebih memilih kuliah di Jepang karena tanpa harus mengeluarkan biaya. Hal ini juga menjadi kebanggaan orang tua yang memang bukan golongan orang kaya,” ujarnya. (edukasi.kompas.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s