MUDA MENDUNIA

apak Proklamator kita Bung Karno pernah mengatakan, “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Pernyataan ini menegaskan kembali tentang potensi para pemuda dan pemudi dalam membangun Indonesia. Di tangan merekalah nantinya kita akan menitipkan masa depan bangsa ini.

Beberapa anak muda yang tampil di Kick Andy ini telah menunjukkan prestasi mereka yang luar biasa. Di usia yang terbilang muda di bawah 30 tahun, mereka telah menghasilkan kreatifitas dan karya yang diakui hingga ke luar negeri.  Mereka berhasil membuktikan bahwa anak muda Indonesia dapat bersaing dengan anak muda lainnya di berbagai dunia.

Salah satunya adalah Reindy Allendra, pria berusia 27 tahun ini berprofesi sebagai seorang industrial designer dan bekerja di sebuah perusahaan yang masih berafiliasi dengan NASA. Keterlibatan di perusahaan tersebut berawal saat dirinya menjuarai kontes desain pesawat masa depan yang diadakan oleh sebuah airline asing. Hasil desainnya tersebut ternyata menarik minat sebuah perusahaan pengembang teknologi masa depan yang bekerjasama dengan NASA. Dari sinilah ia kemudian mendapat tawaran kerja untuk sebuah perusahaan riset dan teknologi asal Amerika Serikat, Airship Earth. Salah satu karya Reindy bahkan telah mendapat hak paten dari perusahaan tersebut yaitu sebuah konsep desain pesawat masa depan dengan nama Art Angel.

Selain Reindy ada juga anak muda Indonesia lainnya yang kiprahnya juga sudah mendunia. Goris Mustaqim, pria berusia 28 tahun ini merupakan seorang enterpreneur muda yang juga dikenal sebagai social enterpreneur. Pria asli Garut ini mendirikan Asgar Muda pada tahun 2006, yang bertujuan mendorong para pemuda setempat untuk terlibat dalam bidang organisasi, pengembangan komunitas dan potensi daerah. Goris mendorong para pemuda di daerahnya untuk tetap tinggal di Garut dan bersama-sama memajukan kota tersebut. Tidak hanya di Garut, Goris kemudian juga aktif menjadi pembicara kewirausahaan di tingkat nasional maupun internasional. Ia pun dikenal sebagai sosok anak muda yang giat menularkan semangat kewirausahaan kepada generasi muda. Hal ini kemudian membawanya kepada undangan pertemuan dengan Presiden Amereka Serikat, Barack Obama, pada tahun 2010. Ia merupakan peserta termuda tidak hanya dari Indonesia tetapi dari seluruh undangan yang datang dari berbagai negara.

Selain mereka berdua masih ada Andre Surya, yang pernah bekerja di perusahaan besar Lucas Film. Andre menjabat sebagaiindustrial light and magic project dan berkantor di Singapura. Pria yang sejak kecil sudah akrab dengan komputer ini merupakan salah seorang pembuat visual effect film-film blockbuster Hollywood seperti Transformer, Iron Man 2 dan Terminator Salvation. Setelah 4, 5 tahun berkiprah di luar negeri, Andre kemudian memutuskan kembali ke Indonesia untuk mewujudkan impian yang lebih besar yaitu membangun perusahaan yang bergerak di bidang animasi dan bermarkas di Indonesia.

Di dunia tarik suara, ada Agnes Monica yang dikenal sebagai artis yang multi talenta. Mulai bernyanyi di usia 3 tahun, Agnes kemudian dikenal sebagai penyanyi cilik. Saat beranjak dewasa, Agnes yang di kenal sebagai sosok pekerja keras ini terus mengasah bakat dan kemampuannya dalam bernyanyi. Popularitas yang diraihnya di dalam negeri tidak serta merta membuatnya puas.

Agnes kemudian mulai go internasional dengan membintangi serial drama asia Taiwan. Tidak hanya sampai di situ, Agnes pun kemudian mulai berkolaborasi dengan musisi dunia dalam bernyanyi seperti Keith Martin dan juga Michael Bolton dalam album terbarunya. Kiprah Agnes di dunia internasional mulai mendapat perhatiaan dengan masuknya Agnes menjadi nominasi dalam beberapa ajang internasional seperti 7 nominasi unutk JPop Music Awards pada tahun 2010 dan MTV Europe Music Awards di tahun 2011. Tahun ini Agnes kembali masuk nominasi di Nickeledeon Kids’s Choice Award di Amerika Serikat.

Jadi apakah kita masih meragukan potensi generasi muda Indonesia. Narasumber Kick Andy diatas sudah membuktikannya bahwa meski masih muda tapi kiprah mereka sudah mendunia. Proud of Indonesia!

kick andySumber: kickandy.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s