Sudan Sediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia Pelajari Bahasa Arab

Pemerintah Sudan dan pemerintah Indonesia menjalin kerja sama bidang pendidikan bahasa arab dan keislaman. Pemerintah Sudan menyediakan 50 beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin mempelajari bidang ilmu tersebut. “Mereka (Pemerintah Sudan) menyediakan 50 beasiswa per tahunnya, tapi memang sementara ini lebih banyak ditujukan kepada pembelajaran bahasa Arab dan ilmu-ilmu ke-Islaman,” kata Duta Besar RI untuk Sudan, Sujatmiko kepada wartawan di Gedung Museum Konferesi Asia-Afrika (KAA), Jl. Asia-Afrika Kota Bandung, Sabtu (25/2/12).

Ia mengatakan, hingga saat ini terdapat sekitar 300 pelajar Indonesia yang belajar di Sudan. Mayoritas pelajar Indonesia itu berasal dari pesantren serta memang sedang mempelajari bahasa arab, ilmu ke-Islaman, dan lain-lain.

Ia mengatakan, meskipun Pemerintah Sudan memberikan beasiswa secara reguler, namun pemerintah Indonesia belum bisa melakukan hal yang sama. Salah satu kendalanya adalah karena bahasa pengantar lembaga pendidikan di Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sehingga pelajar Sudan harus belajar bahasa Indonesia lebih dulu.

“Kuliah di Indonesia kebanyakan pengantarnya menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan di Sudan menggunakan bahasa Arab, sehingga butuh waktu bagi pelajar Sudan untuk belajar di Indonesia, karena mereka harus lebih dulu menguasai bahasa Indonesia,” katanya.

Sementara, Menteri Luar Negeri Sudan Ali Ahmed Karti mengatakan, pihaknya dan pemerintah Indonesia bisa melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peluang investasi Indonesia di Sudan pun semaakin beragam mulai dari infrasturuktur, agrikultur, dan pertambangan. “Apalagi setelah ditemukan cadangan emas baru di Sudan,” ungkapnya. (PR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s