Beasiswa Budaya | 50 Pemuda Negara Sahabat Ikuti Beasiswa Budaya

Sebanyak 50 pemuda dari 37 negara di dunia akan mengikuti program Beasiswa Seni Budaya Indonesia selama tiga bulan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Wardana, Selasa, mengatakan bahwa program tersebut ditujukan untuk memperkenalkan budaya dan kesenian Indonesia kepada pemuda dari sejumlah negara sahabat. “Kami berharap sekembalinya mereka ke negaranya masing-masing, mereka dapat menjadi juru bicara Indonesia di komunitas setempat,” kata Wardana.

Sejumlah negara yang mengirimkan wakilnya antara lain Italia, Jerman, Inggris, Jepang, dan negara anggota ASEAN. Pada program beasiswa kali ini, untuk pertama kalinya Serbia mengirimkan wakilnya mengikuti program beasiswa seni budaya tersebut.

Program Beasiswa Seni dan Budaya (BSBI) merupakan pelatihan yang diberikan selama tiga bulan di sejumlah sanggar seni dan budaya di daerah. Para penerima beasiswa akan dibimbing untuk belajar bahasa Indonesia, sejumlah bahasa daerah, seni budaya, dan agama melalui serangkaian kegiatan.

Selama tiga bulan, para peserta akan mengunjungi Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar untuk belajar mengenai tradisi dan seni budaya dari daerah tersebut. Program belajar ini disusun Kemlu bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program BSBI sendiri sudah diselenggarakan Kemlu sejak 2003 dan telah diikuti oleh total 384 peserta dari 49 negara. “Kami berharap ke depannya dapat menjaring peserta dari negara lain lagi,” ujar Wardana.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Publik Kemenlu, Abdurrahman Mohammad Fachir, mengatakan bahwa program beasiswa tersebut bertujuan untuk mendorong persahabatan dan saling memahami budaya antarpeserta beasiswa.

“Pada akhirnya nanti, mereka akan menampilkan pertunjukan kebudayaan bersama-sama,” kata mantan dubes RI untuk Mesir tersebut. (edukasi.kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s