Santri Penerima Beasiswa Bisa Mempertanggungjawabkan Amanah

Para santri dari berbagai pesantren dan madrasah muallimin/muallimat yang menerima beasiswa unggulan bisa mempertanggungjawabkan amanah, dengan sukses kuliah. Mereka, yang sebagian besar dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi, meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan pada setiap semester.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Ir. Gumbolo Hadi Susanto, MSc menyatakan IPK para santri penerima beasiswa unggulan lebih dari “3”.

“Sebanyak 95 persen santri penerima beasiswa yang meraih IPK di atas “3”, hanya lima persen yang IPK antara 2,75 – 3,” kata dia saat diterima di ruang kerjanya, Rabu (18/4).

Sebanyak 40 santri direkrut oleh manajemen Fakultas Teknologi Industri UII pada tahun akademik 2011-2012, semuanya mendapat beasiswa unggulan dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PBKLN) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut dia program serupa pada tahun akademik 2012-2013 dalam proses persiapan. Sasarannya sama, para santri dari berbagai pesantren dan madrasah muallimin/muallimat. Santri yang diutamakan boleh mendaftar harus memiliki nilai plus seperti penghafal alqur’an, mahir bahasa Arab, atau Inggris, dan memiliki latar belakang ekonomi keluarga yang kurang beruntung. Di luar prestasi akademik, mereka yang bisa mendaftar memiliki nilai plus di bidang olah raga seperti juara nasional cabang olah raga tertentu.

Penerima beasiswa program unggulan mulai tahun ini, kata dia, akan disertakan dalam program double degree, yang bekerjasama antara Fakultas Teknologi Industri UII dengan dua universitas di Belanda, salah satu di antaranya Saxion University. Mahasiswa yang lolos program double degree, disyaratkan kuliah selama tiga tahun di Fakultas Teknologi Industri tiga tahun dan setahun di Belanda.

Selesai kuliah di Belanda, selain mendapatkan ijazah, mereka disalurkan untuk program magang industri selama dua sampai lima tahun. “Seorang mahasiswa telah lolos persyaratan dan dijadwalkan berangkat ke Saxion University pada Juli 2012,” kata dia. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s