Tips Mengatasi Kantuk di Kelas

Cuaca hujan belakangan ini kadang mengundang rasa malas dan mengantuk. Suasana yang mendung dan dingin seperti itu seakan membelai mata hingga mengantuk sedemikian hebat. Fenomena itu biasa terjadi. Tetapi, jangan sampai ketiduran di tempat yang tidak tepat, seperti di dalam kelas. 

Berbicara mengenai ketiduran di dalam kelas, Citra Noviadona, mahasiswa Universitas Gunadarma semester VIII, punya pengalaman unik. Teman Citra sempat tertidur pulas di dalam kelas. Meski sudah ditegur dosen supaya bangun, tetapi temannya itu tak juga bangun.

“Teman saya ini rumahnya memang jauh dari kampus. Kejadiannya di kelas mata kuliah Semantik. Waktu itu dosennya lagi ngadain spoken quiz. Anak-anak di kelas pada enggak ngeh kalau dia tidur. Pas ada yang lihat, salah satu teman nyeletuk, ‘Ada yang tidur di kelas, Pak’. Udah digituin, si anak ini tetap enggak bangun. Sampai akhirnya si dosen nyamperin ke kursinya. Dibangunin langsung sama dosen. Walhasil, dia disuruh maju ke depan buat spoken quiz itu,” cerita Citra kepada Okezone,Kamis (10/5/2012).

Pengalaman memalukan yang dialami oleh teman Citra itu, bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Guna menghindarinya, harus ada sikap antisipasi agar tetap terjaga di dalam kelas sehingga kamu bisa menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh dosen secara maksimal.

Seperti dikutip Hercampus.com, survei yang dilakukan Fakultas Pelayanan Kesehatan University of Rochester, New York, menyebutkan, rata-rata mahasiswa tidur kurang dari tujuh jam dalam satu hari. Sementara kebutuhan tidur seseorang adalah tujuh jam. Tetapi kebutuhan tidur seseorang berbeda-beda tergantung dari kualitas tidur.

Jika kebutuhan tidur tidak terpenuhi, maka seseorang akan mengalami rasa ngantuk pada saat jam-jam beraktivitas, kesulitan konsentrasi dan kesulitan untuk mengingat.

Supaya hal serupa tidak menimpa dirimu, berikut tips supaya tidak mengantuk di dalam kelas;

Niat Kuliah

Bulatkan tekadmu sebelum berangkat ke kampus, bahwa kamu akan belajar dengan baik. Dengan begitu, bulat pula target yang akan kamu capai dalam pertemuan di kelas. Dengan membuat target, akan mengusir rasa bosan yang berujung pada kantuk.

Makan Secukupnya

Jangan makan atau jajan berlebihan sebelum kuliah dimulai. Jangan lupa minum air putih secukupnya.

Siapkan Permen

Permen dapat mengusir rasa kantuk. Rasa manis pada permen akan memberikanmu energi jangka pendek. Tetapi, hati-hati jika dosenmu melarang makan permen saat di dalam kelas.

Cuci Muka

Mintalah izin ke dosen untuk ke toilet. Cuci mukamu hingga terasa fresh. Lakukan gerakan kecil sehingga kondisi badan tidak lemas.

Atur Posisi Duduk

Jangan belajar sambil senderan ke bahu teman, menundukan kepala ke meja, dan menopang kepala dengan tangan. Pastikan posisi dudukmu nyaman.

Ubah Mindset

Rasa kantuk itu berkaitan dengan pola pikiran. Kantuk datang dari pikiran bawah sadar dan bisa dilawan dengan kesadaran untuk tidak mengantuk. Jika kamu tidak punyakeberanian untuk mendobrak pikiranmu sendiri, maka rasa kantuklah yang akan mendominasi.(kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s