Tips SNMPTN | Hindari Kesalahan Ini Saat Daftar SNMPTN!

Sejak dibuka 10 Mei lalu, pendaftaran online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan diwarnai berbagai kesalahan pendaftar. Mereka kebanyakan salah mengisi biodata orang (borang). Akibatnya, data calon peserta pun salah. Apa saja kesalahan itu? 

Menurut Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2012 Panitia Lokal Bandung, Asep Gana Suganda, kesalahan yang umum ditemui salah satunya pada pengisian butir kebutuhan khusus. “Butir kebutuhan khusus hanya diisi oleh calon peserta yang memerlukan fasilitas khusus pada saat pelaksanaan ujian, seperti calon peserta tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan  tuna daksa/lumpuh,” ungkap Asep melalui rilis yang diterima Okezone, Kamis (24/5/2012).

Tampilan laman pendaftaran SNMPTN 2012 (snmptn.ac.id)

Jadi, kamu yang tidak memiliki kebutuhan khusus dilarang mengisi butir tersebut. Jika kamu melakukan kesalahan pada butir ini, maka hal tersebut tidak dapat diubah dan menjadi tanggung jawabmu sebagai calon peserta SNMPTN. Sementara, kamu yang memiliki kebutuhan khusus diminta untuk segera melapor kepada Panitia Lokal tempatmu akan melaksanakan ujian.

“Kami himbau kepada calon peserta untuk memeriksa kembali semua data yang telah diisi sebelum melakukan persetujuan,” ujarnya.

Asep mengimbuhkan, kesalahan pada pengunggahan foto juga kerap terjadi. Akibatnya, foto peserta tidak muncul pada kartu peserta. Nah, jika kamu mengalami hal ini, jangan langsung menempelkan pas fotomu. Kamu harus segera melapor pada Panitia Lokal tempatmu akan mengikuti ujian.

Jika masih bingung, kamu bisa menghubungi Sekretariat SNMPTN 2012 Panitia Lokal di tempatmu berada. Untuk wilayah Bandung, Sekretariat SNMPTN 2012 Panlok Bandung berada di Gedung Rotunda (Gedung Kaca Bulat) kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha Nomor 10, Bandung.

Kamu bisa menghubungi nomor telepon (022) 2511999 atau 79555080, membuka Website: http://snmptn.ac.id, mengirim email ke alamat snmptn_bdg@yahoo.com, dan bertanya melalui Yahoo Messenger di akun snmptn_bdg. Informasi tentang SNMPTN 2012 juga bisa kamu simak di laman Facebook http://www.facebook.com/snmptnbdg, atau akun Twitter @snmptn. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s