Tips | Cara Mudah Masak ala Anak Kos

Umumnya  anak kost tinggal di sebuah kamar yang luasnya relatif kecil.  Muatannya pun pas-pasan, hanya cukup untuk tempat tidur dan tempat kawan yang numpang tidur. Tapi ada beberapa mahasiswa yang kantongnya terbilang tebal hingga berkesempatan tinggal di  rumah kontrakan. Nah di sana biasanya ada ruang tamu, ruang makan,  juga dapur.  Asyik buat temen2 yang suka masak, dapurnya bisa dimanfaatin buat obrak-abrik kreasi masak, khususnya buat kaum hawa, di sinilah sarana untuk menumbuhkan jiwa keibuan. Jangan lagi ada mitos “anak kos gak pandai masak”, namanya juga anak kost. Eits! Jangan nyerah dulu ya, gampang kok. Trida yang juga berstatus sebagai mahasiswa USU ini mau berbagi Tips “Cara Mudah Masak Ala Anak Kos” Biarpun kost, tapi…kudu sehat…! setuju donk, Awas kalo gak setuju, Vizzz.
Sekali masak dan dua kali makan dalam sehari, insya Allah sehat, yang penting makannya teratur sesuai kebutuhan biologis manusia.  Buat yang punya uang lebih, makan tiga kali sehari lebih bagus, asalkan tetap proporsional (sesuai porsinya), hindari gaya makan ala buta ijo karena dapat menstimulus datangnya beragam penyakit menyeramkan, salah satunya adalah kanker alias kantong kering yang biasa mewabah di kalangan mahasiswa tatkala akhir bulan tiba.
Ø  Tips:
1.       Harus ada Kemauan masak teman-teman!wajib! Kalau gak ada kemauan, Trida sarankan hentikan membaca sampai disini  karena tulisan ini diperuntukkan untuk orang yang punya kemauan dan cita-cita.
2.       Sisihkan rupiah yang cukup untuk  agenda masak setiap bulanmu. Anggarkan seekonomis mungkin agar surplus keuangan kamu bisa buat beli buku dan berinfak ke anak yatim.
3.       Lengkap dulu alat2 masak ya, baru bisa terselenggara.
4.       Berani ke pasar dan pandai-pandai menawar saat belanja. Ini memang membutuhkan sedikit mental baja, khususnya apabila terjadi pada kaum adam yang tingkat gengsinya mendekati sebesar gunung uhud.
5.       Belilah sayuran dan ikan secukupnya. Jangan membeli yang terlalu mahal, karena dapat merusak reputasi kantong kamu.
6.       Seminggu 2 kali ke pasar sudah cukup! Jangan terlalu sering, apalagi sampai 3 kali sehari, itu dapat mengganggu tugas inti kamu sebagai mahasiswa yang harus rajin kuliah.
7.       No.Penyedap! Pake  rempah-rempah alami seperti orang belanda tempo doeloe.
Ø  Trik:
1.       Cita rasa masakan enak?
Gampang. nih cukup ada gula, garam dan rempah2 masak.
Bawang putih konon bagus buat kesehatan. Nah kalau masak silahkan banyakin bawang putih juga bawang merahnya. Cukup digeprek(bukan bahasa asing)/iris/giling.Dijamin rasanya enak. Asal jangan makan bawang mentah sesaat sebelum ngampus.
2.       Bingung mau masak apa?
Ini saya contohin beberapa masakan yang simpel:
Tahu, tempe, kentang, singkong, ikan teri, udang kecepe, kacang tanah: semuanya ini bisa dipasang-pasangin mengacu pada selera kamu. Kalau dimasak bisa tahan seminggu loh, gak repotkan? potong sesuai selera, masak hingga matang.
Kita buat deh sambelnya: jangan pakai tomat teman, supaya tahan lama dan saat masak sambel, hrus bnr2 mateng.
Mau masak ayam, ikan, udang, telur, dsb?
Digoreng, disambel bisa tahan lama. Di sayur kuah juga bisa, kalau repot buat bumbunya, beli bumbu giling di pasar aja. Nah, tinggal masak,  kalo repot mau panasin,hangatin aja di penanak nasi. Ayam goreng dan ikan goreng bisa tahan sekitar 3 hari.
3.       Nah… harus ada sayuran dunk pendukung 4 sehat 5 sempurna.
Sayur bening dan tumis cukup simple buatnya. Tinggal iris bawang putih dan bawang merah, tomat,  dan daun sop bening plus bawang goreng. Kalu mau pedas dikit bisa tambahin merica bubuk. Bisa bening wortel, kentang, bihun, bakso, jamur, sawi, buncis,taoge, jagung, tahu, dll. lakukan kreasimu! pasang2in mana yang kamu suka.
Nah kalau mau numis2. Bawang putih, bawang merah ,jahe sdkit, cabai, tomat, daun salam, gula, garam dan sere kalo perlu. Lihat2 mau masak apa juga:)
Nah,itu beberapa masakan simpel dan mudh anak kost,cobain ya. kalu binggung konsultasi blh ke Trida 😀 Tongkrongin lagi tips dan triks lainnya. (kammimp-usu.blogspot.com)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s