Tips Mengisi Liburan Sekolah (2)

Bagi sahabat setia Forum Batasa yang masih bingung mau diisi apa musim liburan tahun ini. Nah berikut ini Kak admin akan memaparkan tips seputar liburan, agar liburan rekan-rekan semua bermanfaat dan mendapatkan pengetahuan yang banyak. Berikut beberapa tipsnya.

1. Tempat Rekreasi. Anda bisa mendatangi tempat-temapt rekreasi, baik yang ada di dalam maupun luar kota. Hanya saja, Anda harus siap-siap berdesak-desakan di sana karena biasanya tempat-tempat rekreasi ramai pengunjung saat liburan. Ada tempat rekreasi yang tiket masuknya murah, ada pula yang mahal. Kalau ingin murah, pilihlah pantai atau kebun binatang. Tentu saja semakin jauh lokasi tempat rekreasinya, semakin lama waktu perjalanan yang harus Anda tempuh. Sebaiknya siapkan bekal minuman dan makanan karena  Anda pasti kena macet. Jangan lupa membawakan buku untuk dibaca atau permainan yang dapat dimainkan putra-putri Anda di dalam kendaraan. Biaya rekreasi ke luar kota tentu lebih besar.

2. Tempat Bersejarah. Liburan tidak berarti harus hura-hura. Liburan bisa Anda pergunakan untuk menambah pengetahuan si kecil. Caranya dengan mengunjungi museum, rumah bekas kediaman tokoh penting, istana Negara, dan sebagainya. Sebelum melakukan kunjungan, cari informasi tentang tempat-temapt ini agar Anda tidak bingung saat tiba di tujuan. Anda juga bisa memakai jasa pemandu wisata yang akan menjelaskan apa saja yang ada di dalam gedung dan nilai-nilai sejarahnya.

3. Berkunjung ke Pabrik. Cokelat, es krim, permen dan susu adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sering dikonsumsi oleh si kecil. Tetapi Anda tidak tahu persis proses pembuatannya. Tertarik untuk mencari tahu? Kunjungi saja pabriknya. Cari tahu di internet pabrik-pabrik apa saja di kota Anda yang menerima kunjungan tamu beserta jadwal kunjungannya. Catat pula nomor teleponnya agar bisa Anda hubungi untuk mengatur izin kedatangan.

4. Belajar Ketrampilan. Kalau Anda tidak bisa menemani si kecil berlibur, tidak perlu kecewa. Anda masih bisa menikmati liburan walau harus sendirian. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan ketrampilan dan hobi si kecil. Anda bisa mengikutkan putra-putri Anda untuk kursus tari, melukis, membatik, menganyam, bermain catur, main komputer, bahasa-bahasa asing di luar bahasa inggris dan lain-lain.

5. Ke Toko Buku. Kalau selama ini si kecil ingin ke toko buku, tapi tidak sempat,liburan kali ini saatnya mewujudkan keinginan itu. Sebelum ke toko buku, buatlah daftar buku yang ingin dibelinya. Kalau memungkinkan beserta harganya sehingga Anda bisa memperhitungkan berapa dana yang dibutuhkan.

6. Membuka Perpustakaan. Punya banyak buku cerita di rumah yang sudah dibaca, bahkan sampai puluhan kali? Saat liburan kali ini Anda bisa membuka perpustakaan di teras rumah bersama putra-putri Anda. Dengan begitu, teman-teman putra-putri Anda di seputar rumah bisa ikut memanfaatkan koleksi buku putra-putri Anda. Jangan lupa untuk mengingatkan anak Anda, untuk mencatat baik-baik data diri para peminjamnya (nama, nomor telepon dan alamat), judul buku yang dipinjam dan lama peminjaman. Kalau perlu ditambahkan uang sewa dan denda jika terlambat mengembalikannya. Ini untuk mengantisipasi aga koleksi buku putra-putri Anda tidak hilang dan rusak.

7. Pesta Kebun. Berkemah (camping) bisa menjadi kegiatan pengisi liburan asalkan tidak hujan. Dengan berkemah, Anda dan putra-putri Anda bisa merasakan tidur di alam terbuka. Anda bisa memilih berkemah di bumi perkemahan, atau halaman rumah sendiri. Jika halaman rumah luas, tentu lebih enak berkemah di kebun sendiri sehingga Anda tidak perlu memeprsiapkan bekal dan pakaian. Selain itu, enaknya berkemah di halaman rumah, jika Anda perlu makanan dan pakaian, si kecil tinggal ‘lari’ ke rumah. Semakin banyak peserta kemah, akan semakin menyenangkangkan acara berkemah putra-putri Anda. Supaya acara semakin seru, Anda bisa mengarahkan untuk mengadakan pesta kebun seperti membakar jagung, sate, sosis atau daging. Asyik bukan?! (tipsanda.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s