Mau Ngetop di Kampus? Ini Caranya

Tidak banyak yang menjadi legenda kampus. Tidak heran, para legenda ini memang orang-orang spesial yang melakukan hal-hal menakjubkan, sehingga mereka dikenang sepanjang masa. Biasanya, ketika orang itu lulus, cerita tentangnya berkembang lebih besar daripada yang disampaikan orang lain, “Wow! Seandainya dulu saya mengenalnya.”

Legenda di kampus bukanlah artis yang kuliah di kampusmu, atau para mahasiswa yang bersalaman dengan orang-orang tenar. Menjadi legenda adalah melampaui hal-hal itu. Nah, jika kamu ingin menjadi legenda di kampusmu, USA Today Educate, Rabu (16/5/2012) merilis daftar yang bisa kamu lakukan:

Ikut himpunan atau perkumpulan mahasiswa

Tidak semua orang sukses menjadi anggota himpunan atau perkumpulan mahasiswa di kampusnya. Tetapi, ketika kamu bergabung dengan sebuah organisasi kemahasiswaan, kamu akan memiliki kontak-kontak berpengaruh yang akan mendukungmu dalam apa pun yang kamu lakukan.

Dirikan organisasi

Untuk menjadi legenda, kamu harus menyatukan beberapa orang yang memercayai ide-idemu dan bersemangat dalam mewujudkannya. Tidak menjadi masalah grup apa yang kamu dirikan. Kamu dapat menggunakan kelompok ini untuk bertemu orang lain, menyelenggarakan kegiatan, dan menarik perhatian tentang berbagai isu yang menurutmu penting.

Bagian terbaiknya adalah ketika kamu lulus. Para anggota kelompokmu akan tetap mengajarkan pemikiran-pemikiranmu tahun demi tahun setelah kepergianmu dari kampus.

Eksis di media massa

Semua legenda memiliki publikasi tertulis tentang mereka, entah itu hanya sebaris kutipan atau satu artikel penuh di surat kabar kampus. Menjadi legenda tentunya termasuk menjadi turut diperhitungkan dalam sejarah kampus. Teknik ini cukup efektif karena ketika orang-orang mempelajari profilmu, mereka akan bisa merujuk ke koran kampus.

Seriusi hobi

Hal ini berarti lakukan sesuatu yang membawa kebahagiaan untukmu dan tidak berkaitan sama sekali dengan “karier masa depanmu”.  Belilah turntable jika kamu ingin menjadi disk jockey (DJ), kamera SLR, atau bahkan membangun model pesawat.

Investasikanlah uang dan waktu untuk hobimu karena hal itu menyenangkan untukmu. Orang-orang yang melakukan ini biasanya dikenali karena komitmen yang tinggi dan bakat yang mereka miliki pada hobinya tersebut. Selain itu, jika cukup bagus, kamu juga akan mendapat kesempatan dalam kariermu.

Nikmati waktu 

Bersenang-senanglah dan milikilah kepercayaan diri. Jika kamu melakukan langkah-langkah di atas dan benar-benar percaya pada kemampuanmu, orang lain pun akan mengakui kualitasmu. Dan kemudian, kamu akan menjadi alumnus yang legendaris di kampusmu. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s