PTPN III Buka Ikatan Dinas S-1

Dalam waktu dekat, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III akan membuka program ikatan dinas pendidikan sarjana (S-1). Kamu yang berminat mengambil studi perkebunan dan pertanian secara gratis,  bisa bersiap melamar ke program ini.

Wakil Direktur Utama PTPN III Ir. Kusumandaru NS., MBA., bertutur, program tersebut diinisiasi PTPN III untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) mereka. Dalam pelaksanaannya, PTPN III pun menggandeng berbagai perguruan tinggi, seperti Institut Pertanian Bogor (IPB). Kerjasama ikatan dinas ini memang ditawarkan kepada mereka yang berminat berkarier di PTPN III.

“Kerjasama dengan IPB kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM di sektor hulu. Selain itu, kami bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk memenuhi kebutuhan SDM di sektor hilir,” kata Kusumandaru, seperti disitat dari keterangan tertulis IPB kepada Okezone, Selasa (3/7/2012).

Program ini diluncurkan sebagai jawaban atas penunjukan PTPN III sebagai induk dari seluruh PTPN di Indonesia oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Pembenahan tersebut sejalan dengan masterplan MP3EI yakni penggenjotan industri hilir crude palm oil (CPO) di daerah.

Penunjukan tersebut, ujar Kusumandaru, tentu berimplikasi pada kebutuhan SDM yang siap dan mampu mengelola PTPN dari sektor hulu hingga hilir. Menurutnya, saat ini PTPN III sudah membuat sistem knowledge worker untuk menata SDM yang mereka miliki. Sistem ini diatur berdasarkan talenta dan bakat karyawan. “Secara bertahap pula, karyawan PTPN akan mendapat kesempatan melanjutkan sekolah pascasarjana,” imbuhnya.

Ajakan kerjasama tersebut disambut baik oleh Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc. IPB, kata Herry, siap bekerjasama dengan PTPN dalam program pengembangan SDM mereka. “Peningkatan kualitas SDM akan membantu terciptanya inovasi-inovasi dan terobosan baru dalam PTPN,” kata Herry. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s