Selesai UN, Lalu Apa? Ini Tipsnya

 ini adalah hari terakhir para siswa sekolah menengah atas (SMA) mengikuti ujian nasional (UN). Sebagian besar siswa mungkin akan terlibat dalam ‘tradisi’ corat coret baju seragam sebagai luapan kegembiraan mengakhiri masa sekolah. Sebagian lainnya mungkin memilih cara yang lebih kreatif dan bermanfaat seperti menyumbangkan baju seragam untuk orang-orang yang membutuhkan, dan menggelar bakti sosial.

Di luar seremoni dalam rangka berbagi kebahagiaan tersebut, sudahkah kamu memiliki rencana tentang apa yang akan kamu lakukan usai UN ini?

Kuliah 

Sebagai langkah awal, kamu harus menentukan jurusan dan kampus yang ingin kamu masuki. Kemudian, persiapkan dirimu untuk menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau ujian saringan masuk lainnya.

Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) intensif persiapan SNMPTN di berbagai lembaga bimbel. Atau, kamu juga bisa belajar sendiri di rumah dengan rajin berlatih mengerjakan soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya.

Bekerja 

Di antara kamu mungkin ada yang memilih bekerja selepas SMA. Biasanya, lulusan SMK akan lebih unggul dari lulusan SMA, karena telah memiliki bekal keahlian tertentu. Karena itu, pastikan kamu bekerja sesuai keahlian yang kamu miliki.

Kursus 

Jika kamu belum memiliki rencana selepas masa SMA, kamu bisa mengisi waktu dengan mengikuti berbagai kursus yang dapat meningkatkan keahlianmu. Kamu bisa memilih keahlian komputer, tata boga, tata busana, elektronik, mekanik, automotif, dan sebagainya.  (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s