Tips Berburu Rumah Kos

Setiap  tahun, banyak mahasiswa rantau berpindah rumah kos. Jika kamu berniat pindah rumah kos, sebaiknya kamu bersiap sejak jauh-jauh hari.  Biasanya, rumah kos disewa per tahun atau per bulan. Sewa per tahun dimulai pada awal tahun ajaran baru, yakni sekira September. Nah, agar tidak kehabisan rumah kos, simak tips berikut untuk menyukseskan perburuanmu.

Berburu lebih awal

Jika kamu perlu kos baru bulan depan, maka jadwal perburuanmu akan sangat ketat. Tetapi jika kamu berniat pindah kos pada awal semester depan, mulailah mencari berbagai informasi kos dari sekarang. Selain tidak tergesa-gesa, kamu akan mendapatkan gambaran lebih baik tentang apa yang kamu cari.

Pertimbangkan lokasi

Pastikan lokasi rumah kos yang ingin kamu dapatkan. Apakah kamu ingin sebuah komplek perumahan yang tenang sehingga kamu dapat rileks? Atau kamu hanya membutuhkan sebuah tempat untuk beristirahat setelah seharian kuliah dan berorganisasi?

Surviving College, Rabu (16/5/2012) melansir, sebelum memutuskan untuk menyewa kamar kos, pikirkan baik-baik tentang lokasi rumah kosmu dan berapa harganya. Jika kamu ingin tinggal dekat dengan kampus, harga sewa pun akan lebih mahal. Pikirkan juga aksesmu pada pusat makanan. Jika kamu ingin memasak makanan sendiri, maka pastikan rumah kosmu dekat dengan pasar atau pusat perbelanjaan.

Laundry

Tidak semua rumah kos menyediakan jasa binatu. Jika kamu memutuskan mencuci sendiri pakaian kotormu, maka hal itu tidak akan menjadi masalah. Kamu bisa juga memilih mencuci pakaianmu ke jasa binatu di sekitar rumah kos. Atau jika kamu memilih kepraktisan, kamu bisa memilih rumah kos yang menyediakan jasa cuci dan seterika baju, tentunya dengan tambahan harga sewa.

Teman sekamar

Jika tinggal bersama teman sekamar dan kamu berencana pindah kos, pastikan teman sekamarmu juga mengikuti idemu, apalagi jika kamu pindah di tengah tahun sewa. Dengan begitu, kamu tidak akan rugi dalam perjanjian alih kontrak dengan pemilik kos.

Buat daftar

Tulis semua rumah kos yang memiliki kamar kosong, lengkap dengan informasi harga sewa, fasilitas, dan jika perlu fotonya. Jangan termakan dengan iklan. Jika kamu mendapat informasi dari teman, kunjungi lokasi rumah kos yang dimaksud agar kamu melihat langsung kondisinya.  (kampus.okezone.com)

Selamat berburu. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s