Tips Cara Cepat Dapat Uang di Kampus

Perkuliahan baru saja memasuki pertengahan semester, dan kamu menyadari ada sedikit salah perhitungan keuangan dan membutuhkan sedikit tambahan dana untuk kuliah. Kiriman dari orangtua terlambat, dana beasiswa dari kampus belum cair, dan kamu pun kesusahan mencari pinjaman. Bagaimana menyiasatinya?

College Times, Jumat (18/5/2012), melansir beberapa kiat yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang secara cepat.

Jual buku-bukumu

Meski sudah lewat masa ujian tengah semester (UTS), masih saja ada mahasiswa yang membutuhkan buku teks kuliah. Jika kamu memiliki buku teks yang tidak kamu butuhkan dan dicari adik kelas, kamu bisa menjualnya dengan harga murah.

“Bersihkan” koleksi hiburanmu 

Kebanyakan dari kita memiliki DVD film-film lama, video game, atau bahkan CD musik yang tidak kita nikmati lagi. Daripada hanya menampung debu, mengapa tidak kamu jual saja? Kamu bisa menjualnya langsung ke teman yang berminat atau menitipkannya  ke toko-toko yang menjual CD atau DVD bekas.

Gunakan otakmu 

Jika kamu cukup pintar, kamu bisa memanfaatkan kemampuan akademikmu untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menjadi tutor bagi sesama teman kuliah atau mengajar privat untuk anak SMA di sekitar kampus. Cek juga ke kampusmu, siapa tahu mereka memiliki lowongan menjadi asisten dosen.

Menjadi blogger bayaran

Di era digital ini, memiliki blog sudah menjadi hal biasa. Jika kamu juga memilikinya, mengapa tidak kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang? Caranya, kamu bisa mengajukan blogmu untuk disewa sebuah perusahaan, dan mereka akan membayarmu untuk menulis dan memposting tulisan tentang jasa atau produk mereka.

Jika kamu belum memiliki blog, kamu bisa membuatnya di berbagai platform blog gratis seperti WordPress, Bloggers, dan Tumblr.

Jual baju lama 

Kita semua memiliki baju-baju lama yang tidak terpakai namun masih layak jual. Daripada baju-baju tersebut hanya teronggok di sudut lemari, lebih baik kamu jual. Kamu bisa menjualnya di toko baju bekas, atau menggelar garage sale dengan teman-temanmu di pasar kaget dekat kampus.

Cari kerja di luar kampus

Main deh ke kantor administrasi kampus dan cari tahu apakah mereka membutuhkan bantuan. Jika ya, kamu bisa menawarkan diri sebagai pekerja paruh waktu. Kamu juga bisa mengecek ke berbagai toko atau restoran di sekitar kampus untuk mendapatkan pekerjaan di akhir pekan.

“Jual” akun Twittermu

Seperti blog, kamu bisa juga mendulang rupiah melalui kicauanmu di dunia maya. Banyak perusahaan mau membayar orang untuk mentweet informasi tentang jasa atau produk mereka melalui Twitter, apalagi jika akun Twitter tersebut memiliki banyak follower. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s